Prabowo Subianto Pimpin PB IPSI Hingga 2025

Setelah Asian Games 2018, silat diharap dapat dipertandingkan dalam Olimpiade.
Prabowo Subianto saat dilantik sebagai Ketum PB IPSI 2021-2025, Jakarta 31 Januari 2022. [Foto: IG Prabowo]

JAKARTA | Letnan Jenderal TNI (Letjen) (Purn.) Prabowo Subianto dilantik menjadi Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) periode 2021-2025. Pelantikan dilakukan Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada Senin (3/1/2022).

Prabowo terpilih kembali setelah melalui Musyawarah Nasional (munas) IPSI XV di Hotel Aston Sentul Bogor, pada 15-18 Desember 2021 kemarin.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Prabowo. Di tengah kesibukannya sebagai Menteri Pertahanan, beliau tetap bersedia memimpin Ikatan Pencak Silat Indonesia karena kecintaannya kepada silat,” kata Marciano setelah melantik Prabowo dan jajaran PB IPSI baru.

Marciano berharap pencak silat akan semakin berprestasi serta membanggakan Indonesia di kancah internasional. Apalagi, ada target agar silat dapat dipertandingkan di Olimpiade. “Saya berharap dengan kerja keras, dengan jaringan yang dimiliki Bapak Prabowo sebagai Ketua Umum PB IPSI, sebagai Menteri Pertahanan, dan tokoh masyarakat, pencak silat dapat dipertandingkan pada Olimpiade,” kata Marciano lagi.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahgara (Menpora), Zainuddin Amali, juga berharap yang sama. “Pemerintah mengucapkan selamat kepada bapak Prabowo Subianto yang telah bersedia memimpin kembali PB IPSI untuk masa bakti 2021-2025,” kata Zainuddin Amali.

Menpora menyampaikan pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Oleh karenanya, Menpora Amali berharap olahraga bela diri itu bisa dipertandingkan di pentas Olimpiade yang akan datang. “Kita baru saja melahirkan DBON. Pencak silat masuk dalam cabang olahraga unggulan di dalamnya dan diharap dapat berprestasi sampai level yang paling tinggi yaitu Olimpiade,” terang Zainuddin Amali.



Sementara itu, Prabowo menegaskan, dia bersama jajarannya akan bekerja keras mewujudkan hal terbaik untuk Indonesia. Selain itu, Prabowo juga menyampaikan terima kasih kepada Menpora dan KONI Pusat yang telah memberi perhatian dan dukungan pembinaan terhadap pencak silat. “Saya ingin menegaskan bahwa kami di sini ini, untuk tulus mengabdi untuk Indonesia. Kepercayaan dari seluruh masyarakat silat dan masyarakat Indonesia tidak akan kami kecewakan,” kata Prabowo.

Prabowo bukan sekali ini menjadi Ketum PB IPSI. Mantan Danjen Kopassus dan Pangkostrad ini pertama kali memimpin IPSI pada 2004 silam.

Silat memang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata internasional dengan menjadi juara umum dalam banyak even internasional. Pada 2018, silat berhasil menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Namun, pekerjaan rumah utama saat ini adalah menjadikan silat sebagai cabor Olimpiade. Sesuai dengan tema Munas IPSI XV pada 15-18 Desember 2021 kemarin yang telah memilih Prabowo, yaitu “Indonesia maju, Pencak Silat Menuju Olimpiade”. (*)


sumber: antara, kemenpora

Cari di INDHIE