PW Muhammadiyah Yogyakarta Selenggarakan Dialog Ideologi Politik Organisasi

PW Muhammadiyah DI Yogyakarta menggelar Dialog Ideopolitor pada Ahad (6/8/2023) di Gedung AR Fachruddin B Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. [foto: ist]

YOGYAKARTA | Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta menggelar Dialog Ideopolitor (Ideologi Politik Organisasi). Dialog Ideopolitor tersebut diselenggarakan pada Ahad (6/8/2023) atau 19 Muharram 1445 H di Gedung AR Fachruddin B Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan untuk penyegaran ideologi, pemahaman dinamika politik nasional dan global, serta penguatan manajemen organisasi dan kepemimpinan Muhammadiyah.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Ikhwan Ahada menyampaikan, kegiatan ideopolitor ini merupakan salah satu wahana peneguhan komitmen ideologi peneguhan sikap politik dan sekaligus peneguhan sikap dalam berorganisasi bagaimana cara mengelola persyarikatan di lingkungan Muhammadiyah dan Aisyiyah DI Yogyakarta.

Melalui Tema yang diangkat, Ikhwan berkeyakinan bahwa semua tidak akan tercapai apabila tanpa melakukan sinergi kohesi dan kolaborasi. “Ke depan PWM DIY akan menindaklanjuti kegiatan ideopolitor bagi cabang dan ranting,” tutur Ikhwan.

Lebih lanjut ikhwan menyampaikan, usaha tersebut diharapkan sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah ke-9 yakni membantu pemerintah serta bekerjasama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun Negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridlai Allah SWT.




Hadir juga pada kesempatan tersebut Prof Dr Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dalam kesempatan tersebut Haedar menjelaskan 3 Aspek penting yakni ideologi, politik dan Organisasi agar dapat dipahami dan diaktualisasikan dalam usaha mewujudkan Muhammadiyah khususnya DIY yang unggul dan Berkemajuan.

Sementara Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gunawan selaku tuan rumah pelaksanaan menyambut baik atas diselenggarakannya agenda penting PWM Muhammadiyah DIY tersebut. Dia juga menyampaikan siap mensukseskan agenda PWM DIY untuk memperkuat Ideologi, Politik dan penguatan organsiasi.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari tersebut diikuti sejumlah 215 peserta yang terdiri dari Anggota Pleno Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah DI Yogyakarta, Anggota Pleno Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-DIY, Pimpinan Harian PDA Se- DIY, Perwakilan Majelis & Lembaga PWM DIY dan Perwakilan Ortom tingkat Wilayah. (*)


Laporan: Dhabit Siregar/ril

Cari di INDHIE