Nominasi Film Piala Maya 10 Disambut Antusias

Film-film yang diseleksi tayang pada periode 1 Januari hingga 31 Desember 2021. Ada 94 film yang tayang di bioskop maupun layanan streaming (OTT), termasuk 145 film pendek, film dokumenter dan animasi pendek yang diterima panitia.
Piala Maya 2021. [foto: ist]

JAKARTA | Nominator film-film dan sinemator terbaik dalam Piala Maya 10 telah diumumkan sejak Sabtu-Senin, 26 Februari 2022-28 Februari 2022. Daftar nominasi dipublikasikan lewat akun instagram resmi @pialamaya, termasuk di platform media sosial lain seperti twitter dan facebook.

“Insight akun instagram Piala Maya mencatat bahwa dalam sepekan terakhir lebih dari 95 ribu akun instagram telah melihat hasil pengumuman nominasi tersebut,” kata Hafiz Husni dari @FILM_Indonesia, selaku penggagas Piala Maya, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (4/3/2022).

Piala Maya 10 khusus mengapresiasi film-film yang tayang pada periode 1 Januari hingga 31 Desember 2021. Nominasi mencakup 29 kategori yaitu 15 kategori teknis, 8 kategori pemeranan, dan 6 kategori non-film cerita panjang.

Panitia mencatat terdapat 94 film cerita panjang Indonesia yang tayang di bioskop maupun layanan streaming (OTT) yang masuk dalam penjurian Komite Seleksi Piala Maya 10. Selain itu panitia juga menerima 145 karya film pendek, film dokumenter dan film animasi pendek melalui submisi terbuka Piala Maya 10 yang dibuka sejak awal Januari 2022.

Komite Seleksi khusus film-film submisi yang terdiri dari 7 orang perwakilan dari film reviewer, programer, praktisi media sosial, serta perwakilan akademisi telah melakukan proses seleksi atas seluruh film yang masuk berupa rekomendasi dan diskusi untuk film cerita pendek, film dokumenter, dan film animasi pendek, hingga mengerucut menjadi Nominasi yang telah diumumkan. Hasil Nominasi ini selanjutnya akan ditonton oleh Komite Pemilih yang lebih luas.


BACA JUGA: Ini Dia Nominasi Film-Film Piala Maya 10




Disebutkan, awal tahun 2022 ini menjadi perayaan sepuluh tahun ajang tahunan apresiasi nyata dari dunia maya untuk film Indonesia yang diselenggarakan oleh akun media sosial @FILM_Indonesia.

Ajang kali ini mengusung tema “INTERACT10N : Aksi, Reaksi, Interaksi”. Tema ini dipilih karena Piala Maya berawal dari interaksi di media sosial Twitter tahun 2010 dan 2011 sebagai bentuk rangkuman film-film paling berkesan sepanjang tahun tersebut. Dalam perjalanannya, Piala Maya mulai mengadakan acara penghargaan sejak 2012, dengan mengajak pencinta film Indonesia baik dari beragam profesi. “Interaksi yang tercipta inilah yang membuat Piala Maya turut memberi warna dalam ranah apresiasi film di Indonesia. “ terang Hafiz.

Menurut Hafiz, pengumuman Pemenang Terpilih akan diselenggarakan pada akhir pekan tanggal 12-13 Maret 2022 melalui akun instagram @PialaMaya. “Ini sebagai bentuk dukungan apresiasi pada bulan film nasional menyambut Hari Film Nasional ke-72 tanggal 30 Maret 2022 mendatang,” terang Hafiz.

Sementara itu, movie reviewer dr. Daniel Irawan (@danieldokter) yang juga menjadi Komite Seleksi Piala Maya, berharap Piala Maya tetap menjadi ruang apresiasi dari pencinta film Indonesia terhadap karya-karya baik dan berkesan sepanjang tahunnya. “Kami selaku Komite Pemilih di tahun ke-10 penyelenggaraan Piala Maya tetap berkomitmen untuk membuka ruang-ruang evolusi baru seiring maraknya ragam platform film Indonesia yang ada,” kata dr Daniel.

Untuk diketahui, tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Pengumuman Pemenang Terpilih secara online karena masih dalam situasi pandemi. Penyelenggara berharap, tahun mendatang Piala Maya dapat kembali menggelar acara untuk malam penghargaan secara offline. (*)


Laporan: Ena Ambarita/ril

Cari di INDHIE