Hebat, Tim Mahasiwa F-Teknik UMSU Raih Juara Best Manufacturability di Bandung

Di ajang lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM) XII - 2023.
Tim mahasiswa Fakultas Teknik UMSU berhasil raih juara Best Manufacturability pada ajang lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM) XII-2023, pada Kamis (5/10/2023) di Universitas Pasundan, Bandung. [foto: dok umsu]

BANDUNG | Tim mahasiswa Fakultas Teknik UMSU berhasil meraih juara Best Manufacturability pada ajang lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM) XII – 2023. Penghargaan diberikan pada Kamis (5/10/2023) di Universitas Pasundan, Bandung.

Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM) XII merupakan kompetisi bagi mahasiswa program sarjana Teknik Mesin mengusung tema ‘Alat Bantu Kebencanaan’. Diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS-TM) Indonesia.

Berdasarkan tema tersebut Tim Teknik menggagas Robot SAR dengan judul ‘Perancangan Leg 3-DoF (Degree of Freedom) yang Diaplikasikan pada Robot Hexapod Sebagai Alat Bantu SAR’ sebagai gagasan yang diikutsertakan pada lomba.




Berangkat dari gagasan tersebut, tim berhasil menjadi finalis top 14 dan akhirnya mendapatkan juara best manufacturability dari 105 tim dan 73 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Tim ini terdiri dari Muhammad Alwi Ripay Harahap selaku ketua, Ridho Saputra Tolo anggota 1 dan Atif Juantoro selaku anggota 2. “Alhamdulillah tim mendapatkan juara Best Manufacturability, mengingat perjuangan tim dari bulan September. Ini hasil yang patut kita syukuri,” ujar Arya Rudi ST MT selaku dosen pendamping.

Sementara itu, Muhammad Alwi Ripay Harahap mengucapakan terima kasih kepada pimpinan Fakultas dan Universitas yang telah memberikan dukungan selama lomba. “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan 100% dari Fakultas san Universitas untuk kegiatan ini,” ujar Alwi.

Dosen pembimbing, Rahmat Fauzi Siregar ST MT mengatakan bahwa kemenangan tim tidak lepas dari dukungan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik. “Terima kasih tim yang sudah berusaha dan berdoa hingga kita sampai pada titik ini. Harapan saya ke depannya, semoga kita bisa mempertahankan apa yang sudah kita dapatkan,” harap Rahmat. (*)


laporan: dhabit siregar/ril

Cari di INDHIE