Amerigo Vespucci, Cerita dari Italia, Spanyol, dan Penamaan “Amerika”

Ada peran kartografer Jerman.
Potret Amerigo Vespucci buatan Crispijn van de Passe, yang menggelarinya "penemu dan penakluk tanah Brasil". [foto: wikimedia]

10 MEI 1497 merupakan tanggal yang dicatat sebagai waktu Amerigo Vespucci berlayar dari pelabuhan Cádiz, Spanyol, untuk menemukan dunia baru. Amerigo Vespucci merupakan orang yang disebut-sebut sebagai orang Eropa di mana kata “Amerika” diserap dari nama dirinya. Nama itu diberi setelah wilayah “Amerika” itu “ditemukan” oleh pelayaran Christopher Columbus pada 1492.

Siapa Amerigo Vespucci?

Amerigo Vespucci (9 Maret 1451 – 22 Februari 1512) adalah seorang pedagang, penjelajah, dan navigator asal Florence (Firenze), Italia. Dia sudah tertarik dengan geografi sejak muda. Dia pernah disebut membeli peta yang cukup mahal yang dibuat oleh master kartografer Gabriel de Vallseca. Tidak susah untuknya karena Vespucci merupakan anak ketiga notaris Florence, Italia bernama Nastagio Vespucci.

Antara 1497 dan 1504, Vespucci berpartisipasi dalam setidaknya dua pelayaran: atas nama Spanyol (1499–1500) dan untuk Portugal (1501–1502). Pada tahun 1503 dan 1505, dua buklet diterbitkan atas namanya, berisi deskripsi penuh warna tentang penjelajahan ini dan dugaan pelayaran lainnya. Kedua publikasi tersebut sangat populer dan dibaca secara luas di sebagian besar Eropa. Namanya pun melambung.



Universalis Cosmographia, peta dunia bikinan Martin Waldseemüller tahun 1507, menunjukkan benua Amerika terpisah dari Asia dan gambar Amerigo Vespucci. [foto: wikimedia]
Ceritanya, ada sebuah surat yang ditujukan kepada pejabat Florentine bernama Piero Soderini, bertanggal 1504 dan diterbitkan pada tahun berikutnya, yang dimaksudkan sebagai laporan Vespucci tentang pelayaran ke Dunia Baru. Ditulis kalau dia berangkat dari Spanyol pada 10 Mei 1497 dan kembali pada 15 Oktober 1498. Konon, pelayaran Vespucci itu disebut paling kontroversial, karena surat ini adalah satu-satunya catatan kejadian yang diketahui dan beberapa mempertanyakan kepenulisan dan keakuratan surat tersebut.

Pada 1501, Vespucci pernah disebut mengatakan Brasil adalah bagian dari benua baru yang disebutnya “Dunia Baru”. Kartografer (pembuat peta) Jerman bernama Martin Waldseemüller menerapkan kata “Amerika” (dari istilah Latin) untuk pertama kalinya pada peta yang menunjukkan Dunia Baru. Penggunaan paling awal yang diketahui tercatat pada 25 April 1507 dalam peta yang dibut Martin di Saint-Dié-des-Vosges Prancis. Kartografer lain mengikutinya sehingga pada 1532 nama Amerika secara permanen melekat pada benua yang baru ditemukan itu.

Pada 1505, Vespucci dijadikan warga negara Kerajaan Castile (sekarang menjadi wilayah Spanyol) dan pada 1508, ia diangkat ke posisi Piloto Mayor (navigator ahli) untuk Casa de Contratación (Rumah Dagang) Spanyol di Seville. Jabatan itu dipegangnya sampai dia wafat pada 1512. (*)


sumber: diramu dari berbagai sumber

Cari di INDHIE