Lebih 10 Tahun Sebuah Gang di Sari Rejo Medan Polonia Ditimbuni Sampah

Seorang anak dari warga setempat tampak di lokasi tumpukan sampah di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia. [foto: bolang]

MEDAN | Tumpukan sampah terlihat di Jalan Cempaka, Gang Kurnia, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Medan. Sampah yang diduga berasal dari limbah warga itu, menumpuk di gang yang sempit dan mengeluarkan aroma tak sedap.

Saking parahnya, sampah-sampah tersebut sampai menutupi bagian gang. Dengan kondisi seperti itu, ketika warga melewati gang itu, terpaksa harus menginjak tumpukan sampah yang menutupi bagian jalan.

Diketahui, kondisi itu sudah berlangsung sudah lebih dari 10 tahun. Namun, pemerintah setempat belum memberikan perhatian khusus untuk melakukan pembersihan.



Menurut salah seorang warga yang bermukim di sekitar lokasi, Rijam Kamal Siahaan, gang tersebut sudah lama menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) warga setempat. Hal itu sudah menjadi kebiasaan. Bahkan tak hanya warga sekitar Jalan Cempaka, Gang Kurnia saja, warga lain yang tinggal di Kelurahan Sari Rejo juga berkontribusi membuang sampah di situ.

“Sudah lama ini. Lebih dari sepuluh tahun lalu, gang ini sudah jadi tempat sampah. Di situ ada genangan air juga. Tapi sampai sekarang pemerintah belum ada memberi imbauan langsung ke kami (masyarakat),” kata Rijam ketika dikonfirmasi, pada Kamis (25/7/2019).

Mengenai itu, Rijam mengeluh. Ia mengatakan, “Tempat ini terlalu dekat dengan permukiman warga dan juga mengeluarkan bau busuk. Jadi setiap kali kita lewat situ, selalu merasakan aroma tak sedap, belum lagi kondisi jalan sempit yang becek,” keluhnya.

Akibat kondisi gang yang sempit tergenang air, serta berbau busuk karena tumpukan sampah, warga menjadi tak urung melewatinya.

“Kami warga sekitar kadang juga malas melewati gang itu, karena jijik. Kadang kami kalau ada perlu, mau cepat baru lewat situ. Karena kalau memutar, jadi jauh,” sebut Rijam. (*)


Laporan: Bolang

Cari di INDHIE

1 Trackback / Pingback

  1. Camat Medan Polonia Janji akan Bersihkan Tumpukan Sampah di Sari Rejo – indhie

Leave a Reply