Baskami Ginting Ingatkan Jangan Ada Kelangkaan Gas LPG 3 Kg di Sumatera Utara – indhie.com

Baskami Ginting Ingatkan Jangan Ada Kelangkaan Gas LPG 3 Kg di Sumatera Utara

Baskami Ginting. [foto: ist]

MEDAN | Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar persediaan LPG 3 kg alias gas melon, dalam kondisi aman. Pasalnya, beberapa daerah telah mengalami kelangkaan stok gas tersebut.

Menurut Baskami, persoalan LPG 3 Kg ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat kalangan bawah, baik rumah tangga maupun usaha mikro kecil dan menengah.

“Pemprovsu di bawah komando Gubernur bisa meminta dinas terkait dan pertamina untuk membahas persediaan gas elpiji subsidi ini. Jangan sampai rakyat disusahkan, karena tidak ada persediaan hingga harga yang mahal,” katanya di Medan pada Senin (24/7/2023).



Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, di sebagian daerah yang ada di Sumut seperti Mandailing Natal, Deliserdang dan Medan, pihaknya mendengar keluhan para warga. “Di Sumut sudah ada beberapa daerah yang mengalami kelangkaan termasuk sebagian wilayah di Kota Medan. Perlu diusut ini, apa penyebabnya. Apakah soal persediaan yang menipis atau ada oknum yang bermain,” tambahnya.

Baskami juga meminta Kepolisian Daerah Sumatera Utara beserta jajaran, menindak pangkalan nakal maupun oknum yang coba menimbun persediaan gas elpiji 3 kg ini. “Kita harus telusuri, pangkalan-pangkalan nakal yang menyalurkan gas elpiji ini tidak tepat sasaran. Atau ada sengaja yang menimbun sehingga harga bisa melambung,” ucapnya.

Menurut Baskami, Pertamina perlu mengetahui sejauh mana alur pendistribusian gas elpiji dari hulu ke hilir hingga ke masyarakat. “Masyarakat boleh melapor apabila menemukan agen yang tidak melakukan pendistribusian kepada masyarakat dan harus ditindaklanjuti laporan tersebut,” tegasnya. (*)


Laporan: Hendra