SMK YPSIM Kirim Siswa Desain Visual PKL di KoranCerdas UMSU

Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) digelar tiga bulan dimulai Februari 2022. Belajar dan praktik tata letak koran/layout, fotografi dan video, pemanfaatan teknologi komunikasi digital, dan proses jurnalistik.
Siswa Desain Komunikasi Visual TP Sultan Iskandar Muda PKL di KantorCerdas UMSU, Februari 2022. [Foto: Angku Jambak]

MEDAN | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) mengirim lima orang siswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di KoranCerdas Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). PKL akan berjalan selama tiga bulan ke depan dimulai pada Kamis 3 Februari 2022 kemarin.

Guru pembimbing PKL, Idrus, sangat berterimaksih kepada KoranCerdas yang dapat meluangkan waktu dan tenaga menerima siswanya. Menurut dia, kegiatan antara jurusan DKV dengan KoranCerdas memiliki kaitan erat.

“Saya berterimakasih kepada redaksi KoranCerdas telah meluangkan waktu dan tenaga selama tiga bulan ke depan untuk membimbing siswa PKL kita. Saya begitu gembira. Kegembiraan ini disebabkan KoranCerdas merupakan salah satu lokasi PKL yang unik karena materi praktek di KoranCerdas cukup lengkap kemudian sangat erat kaitannya dengan jurusan DKV,“ kata Idrus di Medan pada Selasa (8/2/2022)..

Kaitan erat dan kelengkapan materi tersebut, lanjut Idrus, dapat dicontohkan melalui mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital (Simkodig), Fotografi, Animasi Digital 23 Dimensi dan Desain Grafis yang keempat mata pelajaran tersebut sudah termasuk dalam kegiatan redaksi KoranCerdas .



Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Pemimpin Redaksi (Pemred) KoranCerdas  Sri Andang Suyadi SSos, merasa bangga YPSIM telah mempercayakan siswanya untuk melaksanakan PKL di KoranCerdas . Ia berharap untuk selanjutnya YPSIM dan KoranCerdas dapat melaksanakan program kerjasama lainnya yang berkaitan dengan jurnalistik di antaranya seperti pelatihan jurnalistik kepada siswa ataupun guru.

“Kami merasa bangga kepada YPSIM telah mempercayakan PKL kepada KoranCerdas UMSU, saya pun berharap selanjutnya kita dapat kerjasama yang lainnya seperti pelatihan jurnalistik untuk siswa atau juga guru,“ kata Andang didampingi repoter KoranCerdas Roni Jambak SSos dan Desainer Rozi Hasibuan di kantor KoranCerdas, Medan, Selasa (8/2/2022).

Sebelumnya YPSIM juga telah mengirim siswa PKL ke KoranCerdas pada pertengahan 2021 yang lalu. Saat itu, materi yang diberikan kepada siswa PKL yaitu tata letak koran/layout, fotografi melalui gadget/teknik pengambilan gambar dan pemanfaatan revolusi industri 4.0. Namun untuk di tahun ini, materi yang diberikan akan bertambah antara lain, pemanfaatan teknologi komunikasi digital, pelatihan jurnalistik (mencari dan menulis berita) dan praktek pengambilan video. (*)


Laporan: Angku Jambak

Cari di INDHIE