Pemkab Deliserdang Siap Dukung UMSU Bangun Kampus dan Pergelaran Muktamar Muhammadiyah 2027

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Deliserdang Drs H Citra Effendi Capah MSP dan Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP di kantor Bupati Deliserdang, Lubuk Pakam, Kamis (7/3/2024). [foto: dhabit/ist]

MEDAN | Pemerintah Kabupaten Deliserdang siap mendukung pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah serta pengembangan kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang terletak di Desa Sampali seluas sekitar 25 hektar.

“Kami merasa bangga dan kebanggaan itu maknanya juga mendukung pembangunan kampus terpadu UMSU yang nantinya juga akan menjadi lokasi penyelenggaraan Muktamar ke-49 Muhammadiyah tahun 2027,” ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Deliserdang Drs. H. Citra Effendi Capah, M.SP saat menerima audensi Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP di kantor Bupati Deliserdang di Lubuk Pakam, Kamis (7/3/2024). Asisten didampingin sejumlah pejabat perangkat daerah Kabupaten Deliserdang.

Turut hadir, Ketua BPH UMSU, Dr. Bahril Datuk, MM, Anggota. Prof. Dr. Nawir Yuslem, MA, Staf Ahli Prof. Dr.Hj.Sabrina dan jajaran pimpinan fakultas serta kepala biro.




Drs. H. Citra Effendi Capah, M.SP menyampaikan bangga atas adanya lahan UMSU di Kabupaten Deliserdang yang akan menjadi lokasi pendidikan yang nantinya digunakan sebagai lokasi Muktamar. UMSU merupakan kampus besar dengan akreditasi unggul yang keberadaannya diharapkan bisa mengangkat kualitas pendidikan di Deliserdang.

Lebih lanjut, Muktamar Muhammadiyah adalah perhelatan cukup besar yang akan memberikan multiplier effect bagi pembangunan daerah dan masyarakat. Untuk itu pihak Pemkab nantinya juga akan bersiap sehingga bisa memanfaatkan even akbar Muktamar Muhammadiyah sehingga bisa bermanfaat maksimal baik dari sisi penyelenggaraan maupun kepentingan daerah. “Kalau kami menyatakan bangga pasti artinya juga mendukung, bentuk dukungan berproses. Bappeda bisa merencanakan dengan kolaborasi terkait infrastruktur, bukan khusus untuk Muhammadiyah tapi sekaligus kepentingan Deliserdang,” katanya.

Sementara Rektor menyampaikan, keinginan UMSU untuk membangun auditorium dan fasilitas kampus lainnya, bukan semata untuk penyelenggaraan muktamar Muhammadiyah, tapi sekaligus pengembangan kampus terpadu. Untuk pembangunan lahan kampus terpadu di Sampali masih terus berproses. “Sementara ini sedang disusun masterplan yang nantinya diharapkan bisa segera selesai untuk selanjutnya bisa dimulai langkah pembangunan,” katanya.

Dia berharap, Pemkab Deliserdang bisa memberikan dukungan khususnya perbaikan dan pelebaran jalan masuk serta perbaikan sungai. Perbaikan fasilitas jalan dan jembatan ke lokasi sangat diperlukan guna kelancaran arus lalu lintas dari dan keluar kampus.

Lebih lanjut, UMSU dan Pemkab Deliserdang selama ini sudah menjalin kerja sama di bidang pendidikan. Fakultas Kedokteran UMSU menjadikan RSU Amri Tambunan sebagai rumah sakit pendidikan.

Audiensi ditandai dengan penyerahan berkas rencana pengembangan kampus terpadu UMSU. Selanjutnya Rektor mengajak melakukan peninjauan ke lahan kampus terpadu. (*)


laporan: dhabit siregar/ril

Cari di INDHIE