Sumatera Lebih Dulu, Musim Hujan Indonesia Diperkirakan November 2023 – indhie.com

Sumatera Lebih Dulu, Musim Hujan Indonesia Diperkirakan November 2023

Hujan di salah satu wilayah kota Medan, Sumut, pada Juli 2023. [foto: indhie]

JAKARTA | Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat, ketika memasuki bulan yang berakhiran “ber”, seperti September, Oktober dan seterusnya, maka musim hujan pun akan menjelang. Rupanya, belum tentu.

Perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), September belum menjadi awal musim hujan di Indonesia melainkan diprediksi baru akan terjadi November 2023 mendatang. Dengan demikian, musim kemarau dan cuaca relatif panas diperkirakan masih akan melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Diperkirakan, pada September 2023, terdapat sekitar 24 ZOM atau sekitar 3,4% wilayah yang akan memasuki awal musim hujan.

Menurut BMKG, akibat tingginya keragaman iklim di Indonesia, hal itu menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi serentak di seluruh wilayah. Periode puncak musim hujan diperkirakan secara umum akan terjadi pada Januari dan Februari 2024.




“Musim Hujan pada tahun 2023/2024 umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan dengan biasanya. Curah hujan yang turun pada periode musim hujan 2023/2024 pada umumnya diprediksi akan normal dibandingkan biasanya,” terang Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers prakiraan musim hujan 2023/2024 di Jakarta, pada Jum’at (8/9/2023) kemarin. Meskipun demikian, ada beberapa daerah yang diprediksi mengalami curah hujan yang lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan biasanya.

Dwikorita menjelaskan, terjadinya awal musim penghujan umumnya berkaitan dengan peralihan Angin Timuran atau Monsun Australia menjadi Angin Baratan atau Monsun Asia. Berdasarkan prediksi BMKG, angin Monsun Australia diperkirakan masih tetap aktif hingga November 2023, terutama di Indonesia bagian Selatan. Sedangkan angin Monsun Asia atau Angin Baratan, diperkirakan akan datang lebih lambat dari normalnya.

Meski demikian, saat ini beberapa Zona Musim (ZOM) telah terkonfirmasi mulai mengalami musim hujan. Wilayah-wilayah di Indonesia yang mulai mengalami musim hujan di antaranya sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Selanjutnya, musim hujan akan terjadi di Sumatera bagian tengah dan selatan, secara hampir berurutan diikuti oleh Kalimantan, Jawa, hingga secara bertahap akan mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia pada periode Maret hingga April 2024. (*)