OKP Sepakat Hanya Hadiri Kongres KNPI XVI Pimpinan Haris Pertama

Rapimpurnas KNPI 2021 20-22 Oktober 2021 di Jakarta. [Foto: Gedon/ist]

JAKARTA | Rapimpurnas KNPI 2021 menorehkan sejarah. Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) tingkat Nasional akhirnya sepakat mengakui dan mengukuhkan keabsahan KNPI hasil Kongres XV Bogor yang memutuskan Haris Pertama sebagai satu-satunya Ketua Umum DPP KNPI yang sah. Dengan demikian, yang mendapat Rlegitimasi OKP untuk menyelenggarakan Kongres XVI yang akan datang hanya kubu Haris Pertama.

Permufakatan bersama tersebut ditandatangani oleh para Pimpinan OKP Nasional pada Jumat dini hari (22/10/2021) di Hotel Sultan Jakarta. OKP merupakan organ utama yang berhimpun di KNPI.

“OKP tingkat nasional adalah merupakan stake holder di KNPI, sehingga keputusan yang diambil oleh para pimpinan OKP adalah sah dan mengikat. Permufakatan pimpinan OKP tingkat nasional untuk menghadiri satu kongres yang dipimpin Ketua Umum Haris Pertama sebagai satu-satunya Mandataris Kongres XV yang berhak menyelenggarakan Kongres ke-XVI, maka secara otomatis mengakhiri perpecahan di tubuh KNPI. OKP tingkat nasional sudah sepakat hanya akan menghadiri satu Kongres Pemuda/KNPI XVI yang dipimpin Haris Pertama,” kata Medya Rischa Lubis SH, Ketua Bidang Hukum DPP KNPI yang juga selaku Sekretaris SC Rapimpurnas 2021.

Usai Rapimpurnas, DPP KNPI melanjutkan dengan agenda Konsolidasi Nasional Pemuda Indonesia yang diikuti seluruh DPD KNPI Kota-Kabupaten se Indonesia.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada para pimpinan OKP, kepada pemuda Indonesia yang sepakat mengakhiri perpecahan. Ini momentum bersejarah. Pemuda Bangkit Indonesia Solid,” tandas Ketum KNPI Haris Pertama.



Berikut isi Pakta Integritas Pemuda Indonesia:

Permufakatan Pimpinan OKP tingkat Nasional

Utuk mewujudkan satu kongres satu KNPI, Pimpinan OKP tingkat nasional bermufakat untuk:

  1. Hanya menghadiri satu Kongres Pemuda/KNPI XVI yang dipimpin Ketua Umum Haris Pertama.
  2. Menyampaikan hasil-hasil keputusan Rapimpurnas tanggal 20-22 Oktober 2021 kepada pemerintah untuk terselenggaranya Kongres Pemuda/KNPI XVI.
  3. Bila ada OKP yang menghadiri Kongres Pemuda/KNPI selain yang dipimpin oleh Ketua Umum Haris Pertama, dinyatakan keluar dari keberhimpunan KNPI.
  4. Pimpinan OKP di tingkat daerah wajib patuh dan tunduk pada pemufakatan ini.

Jakarta,
Jumat 22 oktober 2021
Ketua Umum OKP tingkat Nasional


Laporan: Gedon/rilis

Cari di INDHIE