Tari Hiou Hasiholan Simalungun Juara Favorit I di Festival Selaras Pinang Masak ke-14

Sanggar Matra Etnika Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Badan Penghubung Pemprovsu meraih juara favorit I perlombaan tari dalam rangka hari ulang tahun Provinsi Jambi yang ke-67. [foto: harma sinaga/ist]

JAKARTA | Sanggar Matra Etnika Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Badan Penghubung Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) meraih juara favorit I perlombaan tari prefesional Festival Selaras Pinang Masak ke 14, dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Provinsi Jambi yang ke-67, pada Sabtu (9/12/2023).

Menampilkan tari Hiou Hasiholan dari adat Simalungun, Sanggar Matra Etnika Anjungan yang ditanggug jawabin oleh Erwina Hasni Harahap memperoleh piagam penghargaan dari Perlombaan tari prefesional memperebutkan piala Gubernur Jambi yang diadakan Badan Penghubung Pemerintahan Provinsi Jambi.

Kepala Badan Penghubung Pemprovsu Ichsanul Arifin Siregar S STP MAP menyebutkan, Sanggar Matra Etnika pasti bisa lebih berprestasi lagi, dan kedepan bisa lebih mengahrumkan nama Pemprovsu.



“Dari perlombaan ini, pasti akan menjadi tolak ukur, dalam mengembangkan lagi potensi dalam pelatihan di sanggar, di sisi lain, ini juga menjadi tantangan dan juga menjadi hadiah besar bagi sanggar, karena dalam perlombaan ini, Sanggar Matra Etnika yang kita didik ini sudah benar-benar bertanding dalam perlombaan untuk melawan sanggar-sanggar yang penarinya sudah benar-benar prefesional, dan kita mendapatkan juara favorit I,” kata Ichsanul Arifin Siregar, Senin (11/12/2023).

Selaku Pembina Sanggar Matra Etnika Anjungan TMII Pemprovsu, lanjut lulusan Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan IX ini. akan terus mengembangkan tarian dan budaya di Sumatera Utara bersama stakeholder yang ada. “Yah, ini kita sukuri dan pastinya kedepan kita akan terus mengembangkan budaya di Sumatera Utara guna mengangkat nama Sumatera Utara di kancah nasional, dan juga memperkuat sumber daya manusia yang masih menjunjung nilai ada dan tradisonal,” pungkasnya.

Sementara Erwina Hasni Harahap bersyukur dan bergembira sanggar Matra Etnika Anjungan TMII yang menjadi tanggung jawabnya dapat meraih juara, dengan komposisi perlombaan yang sangat begitu ketat. “Dalam perlombaan tari Festival Selaras Pinang Masak ke 14 itu, turut berpartisipasi 35 peserta diikuti dari grup tari yg berasal dari DKI Jakarta, pulau Jawa dan Sumatera,” katanya.

“Senangnya, kita Sanggar MatraEtnika Anjungan Sumut TMII berhasil meraih Juara Favorit 1 dalam Festival yang diikuti grup tari lainnya yang sudah profesional tersebut, kemenangan ini juga menjadi pil semangat kami disanggar untuk rajin latihan kedepannya,” tambahnya.

Kegiatan dibuka oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jambi Bapak Arif Munandar SE. Turut hadir dalam kegiatan Asisten Pemerintahan Provinsi Bengkulu, Pj. Bupati Merangin beserta Istri, Regional Pavilion dan House Of Worship Manager TMII, Kepala Badan Penghubung Provinsi Bengkulu, utusan OPD Provinsi Jambi, Ketua Dewan Kesenian Tanggerang, Dewan Juri dan kontingen peserta lomba. (*)


laporan: Harma Sinaga

Cari di INDHIE