Orangutan Kalimantan, Spesies Kera Terbesar di Dunia Setelah Gorila

Orangutan. [foto: net]

Orangutan Kalimantan adalah spesies primata besar yang hidup di hutan tropis Kalimantan yang lembap. Orangutan Kalimantan merupakan spesies kera terbesar kedua di dunia, setelah Gorila, dan merupakan hewan penghuni pohon terbesar di Bumi.

Di Indonesia, terdapat tiga spesies orangutan, yaitu Orangutan Kalimantan, Orangutan Sumatera dan Orangutan Tapanuli. Ketiganya memiliki perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing, misalnya perbedaan ukuran tubuh dan warna bulu.

Orangutan adalah fauna endemik, yaitu spesies hewan yang secara geografis terbatas pada suatu wilayah tertentu. Spesies endemik, terlepas dari bagaimana mereka menjadi terbatas pada area tertentu, mengalami ancaman yang sama terhadap keberadaan mereka. Semakin kecil wilayahnya, semakin besar ancaman terhadap kelangsungan hidup hewan endemik tersebut.



  • Orangutan Kalimantan memiliki tubuh besar yang ditutupi bulu berwarna merah atau oranye dengan kulit abu-abu kasar. Karena termasuk mamalia arboreal, orangutan Kalimantan memiliki sejumlah adaptasi yang membantunya ketika berada di kanopi, seperti memiliki kaki yang dapat mencengkeram dan lengan yang dapat tumbuh hingga lebih dari dua meter.
  • Wajah orangutan Kalimantan ll menampilkan warna kulit abu-abu atau hitam. Jantan dewasa juga mengembangkan kantong pipi berdaging yang terdiri dari timbunan lemak di bawah kulit, dengan tenggorokan yang mampu menghasilkan suara yang dalam dan beresonansi.
  • Orangutan Kalimantan merupakan fauna endemik Pulau Kalimantan. Mereka mendiami daerah hutan primer yang lebat, terutama di dataran rendah dan lembah. Meskipun orangutan Kalimantan dapat ditemukan di ketinggian hingga 1.500 meter, mereka cenderung lebih menyukai lereng yang subur karena kelimpahan dan variasi makanan yang lebih tinggi.
  • Orangutan Kalimantan secara teknis adalah hewan omnivora, yang berarti mereka dapat memakan tumbuhan dan hewan. Meski demikian, orangutan Kalimantan menyukai buah dengan sekitar 60% dari makanan mereka terdiri dari berbagai macam buah matang dan mentah. Untuk melengkapi makanan mereka, orangutan Kalimantan juga memakan berbagai tanaman, termasuk pucuk dan daun muda, bersama dengan serangga, telur, dan vertebrata kecil seperti Kadal. (*)

Cari di INDHIE