WHO: 75 Negara Terjangkit COVID-19 dan 119 Negara Lagi Belum Terdeteksi

Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO. [Foto: dok PAHO/WHO]

JENEWA | Direktur Jenderal World Health Organization (WHO, Organisasi Kesehatan Dunia), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan, di seluruh dunia sudah 75 negara yang terkena infeksi COVID-19 dan ada 119 negara lagi di mana kasusnya belum terdeteksi.

Hal itu dikatakan Ghebreyesus dalam statemen resmi yang disiarkan situs resmi WHO pada Rabu (4/3/2020). “Dan dari 75 negara dengan kasus, 47 memiliki 10 kasus atau kurang,” demikian pernyataan Ghebreyesus.

Menurut Ghebreyesus, beberapa negara baru saja melaporkan kasus pertama mereka. Beberapa memiliki kelompok kasus, dengan transmisi antara anggota keluarga dan kontak dekat lainnya. Beberapa negara memiliki epidemi yang berkembang pesat, dengan tanda-tanda penularan dari masyarakat. Dan beberapa memiliki epidemi yang menurun dan belum melaporkan kasus selama lebih dari dua minggu.



Hingga statemen itu dikeluarkan Ghebreyesus, WHO mencatat ada total 92.943 kasus COVID-19 yang dilaporkan secara global dan 3.160 korban wafat. “Dalam 24 jam terakhir, China melaporkan 120 kasus. Sebagian besar kasus terus dilaporkan dari provinsi Hubei. Di luar Cina, 2.075 kasus dilaporkan di 35 negara. Hampir 90% dari kasus tersebut berasal dari hanya tiga negara,” kata Ghebreyesus.

WHO menegaskan, pencegahan COVID-19 harus menjadi prioritas utama bagi semua negara. “Dengan langkah-langkah agresif, negara-negara dapat menghentikan penyebaran dan menyelamatkan nyawa,” kata Ghebreyesus.

WHO juga berkeyakinan dunia dapat mengatasi penyebaran virus ini secara bersama-sama. “Virus ini bukan SARS, bukan MERS dan bukan influenza. (Karena) Sifat virus ini berarti kita memiliki peluang untuk memutus rantai penularan dan menahan penyebarannya. Paling tidak, kita bisa memperlambatnya dan mengulur waktu,” kata Ghebreyesus. (*)


BACA JUGA:


Bagikan:

Cari di INDHIE

1 Trackback / Pingback

  1. COVID-19: Maskapai Seluruh Dunia Diperkirakan Rugi Rp1.604,6 Triliun – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*