Kemenkes Siapkan 100 RS Rujukan Coronavirus, 5 Rumah Sakit Ada di Sumut

RSUP Adam Malik yang ada di Kota Medan. [Foto: dok rsham.co.id]

MEDAN | Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia sudah mengantisipasi penyebaran dan pencegahan Coronavirus di seluruh Indonesia. Kemenkes juga sudah mengeluarkan daftar 100 Rumah Sakit (RS) rujukan di seluruh Indonesia untuk menghadapi wabah Coronavirus yang sekarang disebut Covid-19 itu. Lima di antara rumah sakit itu ada di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Dilansir dari situs infeksiemerging.kemkes.go.id, kemenkes mempublikasikan Daftar 100 Rumah Sakit Rujukan Pemerintah. Daftar ini ditetapkan melalui Keputusan Menkes No.414/Menkes/SK/IV/2007 tanggal 10 April 2007 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Flu Brung (Avian Influenza). Informasi ini masih diletakkan dalam informasi resmi Kemenkes dan belum ada aturan yang merevisinya.

Menkes, Terawan Agus Putranto, juga mengungkap soal 100 RS rujukan ini bulan Januari kemarin. “RS rujukan sudah ditentukan. Ada 100 RS,” kata Terawan di kantor Kementerian Perhubungan, Senin, 27 Januari 2020, seperti dilihat dari situs Liputan6.

Ini juga dikonfirmasi ulang oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, dr Weindra Waworuntu, pada Jum’at 31 Januari 2020 lalu, yang mengatakan secara nasional ada 100 fasilitas kesehatan. “Secara nasional ada 100 fasilitas kesehatan yang siap menjadi rujukan,” kata Weindra saat konferensi pers di Gedung Sujudi Kemenkes, Jum’at (31/1/2020), dikutip dari situs Republika.



Dari daftar itu, di wilayah Sumut, ada 5 rumah sakit yang disiapkan. Mereka adalah:

  • RSUP H. Adam Malik Medan
  • RSUD Kabanjahe
  • RSUD Pematangsiantar
  • RSUD Tarutung
  • RSUD Padangsidimpuan

Dalam surat keputusan itu, disebutkan, RS rujukan berfungsi memberikan pelayanan rujukan pasien dan rujukan spesimen yang berkualitas sejak tahap promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. (*)


BACA JUGA:


Bagikan:

Cari di INDHIE

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. Covid-19 Landa Hampir Seluruh Dunia, di China Angka Infeksi Malah Turun – indhie
  2. COVID-19: Biaya Pasien Beban Kemenkes RI dan Pemerintah Daerah – indhie
  3. RSUD Tarutung Klarifikasi Kabar COVID-19: Negatif – indhie
  4. Tak Hanya untuk COVID-19, RS Rujukan Penyakit Infeksi Emerging Bertambah Menjadi 132 RS – indhie
  5. Rumah Sakit Rujukan COVID-19 Bertambah Menjadi 132 RS – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*