Mulai Ahad Ini, Arab Saudi Tutup Sementara Seluruh Penerbangan Internasional

Jamaah melakukan tawaf di Masjidil Haram, Makkah, difoto pada Sabtu, 7 Maret 2020. [Foto: AFP/ArabNews]

RIYADH | Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menghentikan sementara seluruh penerbangan internasional selama dua minggu (14 hari) dimulai pada Ahad, 15 Maret 2020, pukul 11.00 siang waktu Saudi. Demikian pernyataan yang disiarkan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi seperti dirilis dari Kantor Berita Resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA), pada Sabtu (14/3/2020).

Penghentian ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Coronavirus Desease 2019 (COVID-19) di negara itu. Namun, beberapa penerbangan yang masuk kategori “kasus luar biasa” akan diizinkan terbang dari dan menuju Arab Saudi. Hingga Jum’at (13/3/2020) waktu Saudi, di Arab Saudi ada 86 kasus positif COVID-19.

SPA juga menulis, bagi penduduk Saudi yang tidak dapat kembali selama periode penghentian sementara itu, akan dianggap sebagai hari libur resmi.



Saudi juga akan menerapkan aturan-aturan soal tentang prosedur kesehatan seperti pemeriksaan dan isolasi, sesuai dengan tindakan pencegahan untuk semua kunjungan yang telah disetujui.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan, bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Otoritas Penerbangan Sipil dan pihak-pihak terkait lainnya, akan mengatur kedatangan warga Saudi yang ingin kembali. “Prosedur terkait akan segera diumumkan,” demikian pernyataan resmi itu dituliskan.

Kebijakan Saudi yang baru ini dibuat setelah sebelumnya pada pekan lalu Saudi telah menunda sementara penerbangan dari seluruh Eropa dan 12 negara di Asia dan Afrika, untuk pergi dan masuk ke wilayah Arab Saudi.

Sementara itu, tetangga Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), juga sudah memutuskan untuk menutup sementara seluruh klub malam dan restoran hingga akhir Maret. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata UEA juga menangguhkan semua acara yang direncanakan yang mengundang pertemuan umum. (*)


BACA JUGA: 

Bagikan:

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Amerika Serikat Umumkan Status Darurat Nasional COVID-19 – indhie
  2. Sabtu 14 Maret, COVID-19 di Indonesia: 96 Kasus Positif, 8 Pulih, 5 Wafat – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*