Dihadiri Edy Rahmayadi, DPD IPK Sumut Gelar Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi ini akan dilaksanakan ke seluruh DPD IPK kabupaten/kota lainnya.
Gubsu Edy Rahmayadi bersama elit pimpinan IPK dalam pelaksanaan vaksin Booster DPD Sumut di Lapangan Benteng Medan, Jum'at (29/7/2022). [Foto: Hendra]

MEDAN | Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebut bahwa organisasi kepemudaan (OKP) maupun Ormas, berada di tengah masyarakat. Karenanya untuk mempercepat vaksinasi Covid-19, khususnya vaksin 3 (booster) diperlukan peran aktif kelompok pemuda.

Edy menyampaikan itu saat meninjau kegiatan vaksinasi yang digelar Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Provinsi Sumatera Utara, di Lapangan Benteng, Medan, Jumat (29/72022).

Hadir di antaranya Ketua Umum DPP IPK Budi Panggabean bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Arfan Maksum Nasution, Sekretaris DPD IPK Sumut Rahmansyah Sibarani mewakili Ketua Bastian Panggabean, serta jajaran pengurus dan kader IPK.

Kegiatan seperti ini kata Gubernur, adalah dalam rangka mengajak warga untuk mendapatkan vaksin, khususnya booster. Sedangkan melibatkan OKP, adalah metode yang dinilai aktif agar vaksinasi berjalan maksimal di seluruh kabupaten/kota. “Ini metodenya kita ubah, di 33 kabupaten/kota, mengajak dan mengikutsertakan OKP dan Ormas agar vaksinasi lancar. Untuk hari ini, yang buat adalah IPK,” sebutnya.

Dikatakan Edy, kegiatan ini diharapkan menjadi contoh agar seluruh masyarakat bisa menerima vaksin Covid-19, dimana masa pandem belum berakhir, hanya menurun angka penularannnya. Sehingga vaksinasi harus ditandai sebagai langkah kemanusiaan, bukan politis.

“Masih banyak yang abai, makanya kita minta OKP yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dan setelah ini, bukan berarti selesai. Saya sudah sampaikan kepada Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi dan menyiapkan vaksin, diawali dari sini,” tegas Edy saat itu didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Ismail Lubis.



Gubsu Edy Rahmayadi bersama Sekretaris DPD IPK Sumut Rahmansyah Sibarani meninjau pelaksanaan vaksin Booster DPD Sumut di Lapangan Benteng Medan, Jum’at (29/7/2022). [Foto: Hendra]
Sebagai apresiasi atas pelaksanaan vanlksinasi tersebut, Edy menegaskan, dari sebagian besar kader IPK yang hadir, dirinya sudah lebih dahulu mengenal dan menjadi kader IPK sebelum menjadi prajurit TNI.

“Kayaknya aku duluan jadi IPK dari orang ini. Dari kecil aku udah main-main di situ (Jalan Skip Medan). Orang ini aja yang sombong samaku,” ungkap Edy disambut haru tawa dan tepuk tangan para kader IPK.

Sementara Sekretaris DPD IPK Sumut, Rahmansyah Sibarani menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Provinsi Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang memfasilitasi kegiatan vaksinasi tersebut. Apalagi untuk agenda berikutnya, mereka akan menggelar kegiatan yang sama di seluruh kabupaten/kota.

“Vaksinasi ini akan kami laksanakan ke seluruh DPD IPK kabupaten/kota lainnya. Ini atas instruksi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IPK, Kakanda Budi Panggabean. Hingga jam 11.00 ini, sudah 800-an orang yang mendaftar. Kita akan terus lakukan ini dengan target sebanyak mungkin,” pungkasnya. (*)


Laporan: Hendra

Cari di INDHIE