Dilapori Masyarakat, Caleg PDIP Robi Barus Diklarifikasi KPU Medan

Kantor KPU Medan

MEDAN | Robi Barus, calon Legislatif (Caleg) PDIP Kota Medan terpilih, diklarifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Senin (29/07/2019). Klarifikasi tersebut menindaklanjuti laporan masyarakat ke KPU Medan.

“Iya, semalam (Senin, 29/07/2019) diundang klarifikasi. Robi datang ke kantor KPU Medan. Saya tidak berada di tempat karena ada tugas di luar. Hasilnya belum kami bahas di rapat pleno,” jelas Komisioner KPU Medan, Rinaldi Khoir, saat dikonfirmasi, Selasa (30/7/2019).

Kedatangan Robi Barus diundang ke Kantor KPU Medan Jalan Kejaksaan Medan tanpa didampingi patugas partai PDIP. “Partai yang kami undang untuk menghadirkan Robi. Tapi dari partai PDIP tidak datang bersama Robi,” ungkapnya.




Berita Terkait
Bawaslu Medan Bentuk Tim Investigasi Selidiki Double Ijazah Caleg PDIP
– Himmah Minta Bawaslu Kota Medan Usut Ijazah Caleg PDIP


Rinaldi menjelaskan, Robi Barus memenuhi undangan KPU Medan untuk diklarifikasi atas dasar laporan masyarakat yang diterima KPU Medan pada beberapa waktu lalu.

Rinaldi sendiri tidak menjelaskan, apakah sah menurut administrasi Robi Barus mendaftar sebagai caleg tahun 2014-2019 dengan menggunakan ijazah Sekolah Menengah Analis Kesehatan Medan dan tahun 2019-2024 mendaftar dengan menggunakan ijazah Sekolah Menengah Atas Perguruan Nasional Gultom Medan.

“Menurut informasi yang saya terima juga dari tim KPU Medan yang melakukan verifikasi faktual syarat pencalonan pada 2018 lalu, syarat pendidikan calon atas nama Robi dari PDIP sah,” katanya.

Menurutnya, ijazah yang diserahkan partai politik sebagai syarat calon atas nama Robi sudah sah. “Sudah dilakukan verifikasi faktual degan mendatangi lembaga pendidikan yang berwenang,” paparnya. “Yang diverifikasi syarat ijazah yang dilampirkan saat pencalonan Pemilu 2019. Terkait syarat ijazah calon periode sebelumnya kami tidak tahu.” (*)


Laporan: Hendra

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Soal Ijazah Robi Barus, PDIP Persilakan KPU-Bawaslu Gelar Penyelidikan – indhie
  2. Double Ijazah Robi Barus Dilaporkan ke Kapolri dan Polda Sumut – indhie

Leave a Reply