Tes Covid-19, Arab Saudi Fungsikan Laboratorium Bergerak di Madinah

Laboratorium bergerak di Kota Madinah, Arab Saudi. [Foto: SPA/ArabNews]

MADINAH | Kerajaan Arab Saudi menyediakan sebuah laboratorium bergerak di Madinah untuk mengetes Covid-19. Laboratorium itu dilaporkan telah menganalisis 6.000 tes Covid-19 penduduk kota Madinah sejak dibuka pekan lalu hingga Selasa, 9 Juni kemarin.

Situs Saudi, ArabNews, pada Rabu (10/6/2020), menulis, Umar Al-Hazmi, Direktur Departemen Laboratorium di Direktorat Jenderal Kesehatan Madinah, mengatakan, laboratorium itu menghasilkan hasil tes dalam waktu 12 jam dan terhubung ke semua rumah sakit dan pusat kesehatan di wilayah tersebut. “Sehingga siapa pun yang dites positif Covid-19 19 dapat dengan cepat diinformasikan dan diisolasi,” kata dia.



Laboratorium bergerak di Kota Madinah, Arab Saudi. [Foto: SPA/ArabNews]
Al-Hazmi menambahkan, laboratorium itu memiliki kapasitas memproses 10.000 tes per hari dengan sampel baru tiba dari pusat pengujian utama Madinah dan laboratorium pusat setiap hari.

Tes Covid-19 di kota suci Madinah, terus dilakukan hingga kini. Sebelumnya, ribuan penduduk Madinah juga menghadiri pengujian Covid-19 yang dilakukan otoritas kesehatan setempat. Diperkirakan 5.200 orang menghadiri tes yang dilakukan di pasar tradisional, mall hingga lingkungan perumahan. Kerajaan juga terus mensosialisasikan pembatasan mobilitas penduduk dan penerapan protokol kesehatan.

Hingga Rabu (10/6/2020) kemarin, Arab Saudi mencatat total positif Covid-19 sebanyak 112.288 kasus, pasien sembuh 77.954 dan 819 orang wafat. Kerajaan Saudi disebut telah melakukan lebih dari 1 juta tes PCR. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*