Pawai Kendaraan Hias Meriahkan Perayaan HUT RI Ke-74 di Medan

Pawai kendaraan hias saat peringatan HUT Kemerdekaan RI di Sumut. [foto: Bolang]

MEDAN | Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggelar pawai kendaraan hias dan pejalan kaki di sepanjang Jalan Pengadilan-Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Sabtu (17/8/2019).

Pawai itu sangat dinikmati masyarakat, khususnya yang berdomisili di Kota Medan. Namun tak hanya dari Medan, wisatawan domestik pun juga turut hadir untuk menyaksikan kemeriahan pawai itu.

“Karena saya sedang libur. Saya diajak saudara saya untuk nonton pawai. Acaranya meriah. Banyak pertunjukan adat yang jarang saya lihat. Saya harap tahun depan ada acara seperti ini lagi,” kata Sulaiman warga Kota Padang Sidempuan.



Pawai ini dihadiri ribuan masyarakat. Mulai dari usia balita hingga dewasa, hadir di lokasi untuk melihat langsung pawai tersebut.

Pawai yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB itu, mempersembahkan berbagai macam kebudayaan suku di Nusantara, dan ditampilkan melalui pemeran berpakaian adat yang berjalan menggunakan kendaraan hias.

Selain itu juga, kendaraan pawai milik Kodam I/BB juga diminati masyarakat, sebab menampilkan alutsista yang jarang dilihat oleh masyarakat.

“Kendaraan hias milik tentara cukup menarik rasa saya. Karena ada senjata-senjata dan alat tempur yang jarang kami lihat,” ungkap Dede, bocah bertubuh tambun yang hadir bersama orang tuanya.

Para peserta pawai disambut oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution tepat di depan Kantor Gubernur Sumatera, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

Edy, Musa Rajekshah dan Akhyar tampak gembira menyaksikan pawai tersebut. Senyum semringah tampak dari raut wajah mereka masing-masing, terlebih saat rombongan pawai Suku Nias hadir di depan panggung sembari memerankan beberapa gaya khas berperang Ksatria Nias. (*)


Laporan: Bolang

Bagikan:

Cari di INDHIE

1 Trackback / Pingback

  1. Atasi Banjir di Medan, Edy Rahmayadi Lebarkan Sungai Badera – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*