Atasi Banjir di Medan, Edy Rahmayadi Lebarkan Sungai Badera

Gubsu Edy Rahmayadi ketika memimpin pelebaran Sungai Badera di Medan. [foto: humassumut/fb]

MEDAN | Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi, memimpin langsung pelebaran alur Sungai Badera di samping kompleks Bumi Asri Jalan Asrama, Medan, pada Selasa (20/8/2019). Pelebaran sungai ini ditujukan untuk memercepat penanganan banjir yang kerap terjadi di Kota Medan dan sekitarnya.

Pelebaran sungai sepanjang kurang lebih 3,5 kilometer ini digelar dengan meratakan pepohonan dan bangunan yang berada di bantaran Sungai Badera. Tampak juga di sana Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II Roy P Pardede, Kasdam I/BB Brigjen Untung Budiharto, perwakilan Kejati Sumut, para camat dan lurah.

Edy mengatakan, pelebaran sungai untuk kepentingan masyarakat banyak karena jika hujan sebentar saja, Kota Medan akan banjir. “Ada kerugian, ayo kita diskusikan, mau ngomong sama saya kapan pun saya siap, yang penting sungai ini bersih semuanya,” kata Edy saat berdialog dengan masyarakat yang hadir.




BACA JUGA:
Pawai Kendaraan Hias Meriahkan Perayaan HUT RI Ke-74 di Medan
Edy Rahmayadi Ingatkan Antisipasi Cuaca Ekstrem di Sumut
Edy Rahmayadi Gubernur Sumut ke-18


Seperti diketahui, Kota Medan memiliki 5 sungai yaitu Sungai Badera, Sungai Sikambing, Sungai Percut, Sungai Deli, dan Sungai Babura.

Sungai Badera bermuara di Sunggal yang kemudian berhilir ke Sungai Belawan. Sungai ini masuk dalam kewenangan Termasuk ke dalam kewenangan BWS Sumatera II. Topografi kemiringan dasar sungai saat ini sangat kecil akibat dari sedimentasi. Normalisasi sungai yang dimulai dari Jalan Gatot Subroto ditargetkan rampung akhir tahun 2019.

Setelah dilakukan pelebaran, lebar Sungai Badera yang saat ini rata-rata hanya 2 meter, ditargetkan menjadi 8 meter dan jalur hijau 4 meter di sisi kanan dan kiri sungai.

Masyarakat yang terkena dampak pelebaran sungai akan diberi tali asih dengan jumlah yang akan ditentukan oleh Pemprov Sumut. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Terkait Wisata Halal, Gubsu: Jangan Percaya Hasutan dan Fitnah – indhie
  2. Medan Bebas Banjir 2022, Edy Rahmayadi Susuri Sungai Deli – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*