Covid-19: WNI di Kapal Pesiar World Dream Dievakuasi ke Kepulauan Seribu Jakarta

WNI yang dievakuasi dari Kapal Pesiar World Dream saat berada di KRI dr Soeharso-990 milik TNI Angkatan Laut. [Foto: twitter/@_TNIAL_]

JAKARTA | Sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kapal Pesiar World Dream, dievakuasi via Kapal Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso-990 di Perairan Selat Durian, Kepulauan Riau, pada Rabu (26/2/2020).

Seluruh WNI yang dievakuasi itu dinyatakan negatif Covid-19. Namun, WNI itu akan dibawa ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, untuk diobservasi selama 14 hari. Kapal diperkirakan akan sampai di lokasi observasi pada Jumat (28/2/2020) mendatang.

Dilansir dari Kantor Berita Antara, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI M Zaenal, pada Rabu (26/2/2020), mengatakan, proses evakuasi WNI yang terdiri dari 172 lak-laki dan 16 perempuan itu, berjalan baik dan lancar.

Dalam evakuasi ini, TNI AL bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam, Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Jakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta.



Disebutkan, transfer personel dilakukan dua sortie dengan menggunakan Transfer Boat MV World Dream menuju KRI dr Soeharso-990. Para WNI tersebut lalu diterima di KRI dr Soeharso dengan melalui prosedur pemeriksaan sesuai SOP protokol medis.

KRI dr Soehars-990 adalah kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS). Awalnya, kapal ini berfungsi sebagai Bantu Angkut Personel (BAP) bernama KRI Tanjung Dalpele (972).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy bersama Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, sudah melaporkan rencana evakuasi ke Presiden Joko Widodo pada Senin (24/2/2020) kemarin.

Kapal pesiar World Dream sebelumnya dikarantina di terminal Kai Tak Cruise, Hong Kong. Itu setelah tiga warga negara China yang berada di kapal antara 19 Januari 2020 dan 24 Januari 2020 dinyatakan positif Covid-19.

Namun, setelah diperiksa intensif oleh Departemen Kesehatan Hong Kong, kapal berikut 188 awak WNI dinyatakan negatif Covid-19. Baru setelah itu, kapal ini merapat ke wilayah Indonesia untuk ditransfer ke KRI dr Soeharso. (*)


BACA JUGA:


Bagikan:

Cari di INDHIE

1 Trackback / Pingback

  1. Covid-19: China Bantu Pasokan Medis ke Iran dan Korea Selatan – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*