Ahad Malam, Tiga Roket Bombardir Kedubes Amerika Serikat di Irak

Katyusha roket. (ilustrasi, foto: net]

BAGHDAD | Amerika Serikat (AS) yang selama ini berkuasa di Irak dan Timur Tengah, tampaknya tidak dibiarkan tenang. Setelah rudal Iran menyerang pangkalan militer AS di Anbar dan Erbil awal tahun lalu, pada Ahad (26/1/2020) ini, kantor berita Agence France-Presse (AFP), melaporkan setidaknya tiga roket telah menghantam langsung Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Baghdad, Irak. Beberapa media lain menyebut lima roket berjenis Katyusha roket.

AFP melaporkan, pada Ahad (26/1/2020) waktu setempat, satu roket menghantam kafetaria Kedubes AS pada waktu makan malam. “Sementara dua roket lainnya mendarat di dekatnya,” kata seorang sumber keamanan. Reporter AFP mengaku mendengar ledakan di tepi barat sungai Tigris tepat pukul 19:30 malam waktu setempat.

Seorang pejabat senior Irak mengatakan kepada AFP, setidaknya satu orang terluka. Namun tidak dijelaskan bagaimana luka tersebut dan berasal dari warga mana orang tersebut, apakah dari Amerika atau staf lokal Irak.



Lokasi Kedubes AS di Baghdad Irak. [foto: grafis AFP]

BACA JUGA:


Serangan ini dilakukan di tengah-tengah protes jutaan warga Irak yang ingin mengusir AS dari wilayah Irak. Serangan ini juga diinformasikan sebagai serangan pertama ke kantor Kedubes AS di Baghdad pasca berbulan-bulan ditutup.

Namun, Washington sendiri menyangkal adanya serangan ini. Meski demikian, Kementerian Luar Negeri AS, menyerukan Irak pada Ahad malam kemarin untuk “memenuhi kewajibannya untuk melindungi fasilitas diplomatik kami”.

Sementara itu, Perdana Menteri Irak, Adil Abdul Mahdi dan Ketua Parlemen Irak, Muhammad Halbusi, mengatakan, hal itu berisiko menyeret tanah air mereka ke dalam perang.

Saat ini, diinformasikan sekitar 5.200 pasukan Amerika ditempatkan di Irak. Namun, beberapa hari ini, unjuk rasa anti-Amerika terus bergelombang digelar warga Irak setelah diserukan langsung oleh ulama anti-Amerika, Moqtada Sadr. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Negosiasi Amerika Serikat-Taliban, Menhan AS: Menjanjikan Tapi… – indhie
  2. Negosiasi Amerika Serikat-Taliban, AS Janji Tarik Pasukan – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*