Bombardir Pangkalan Militer Amerika, Iran Mengaku Sudah Kabari Irak

Peluncuran rudal Iran dengan sasaran pangkalan militer AS di Irak pada Rabu (8/1/2020). [foto: irna]

TEHERAN | Pemerintah Iran mengaku telah memberi tahu pemerintah Irak sebelum mereka akan membombardir dua pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak.

Demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi, di Teheran, Iran, seperti dilansir dari Kantor Berita Iran, Irna, pada Senin (20/1/2020).

“Kami mengumumkan, bahwa kami akan menargetkan lokasi di mana konspirasi melawan Iran dan pejabat Iran dilakukan. Kami memastikan bahwa pembunuhan Jenderal Sulaimani direncanakan di pangkalan itu. Oleh karena itu kami memberi tahu pemerintah Irak bahwa kami akan menargetkan pangkalan itu, “tambah Mousavi.

Abbas Mousavi, Jubir Kemenlu Iran. [foto: irna]
Sebelumnya, pemerintah Irak disebutkan mengajukan komplain ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan serangan rudal ke pangkalan militer AS di Irak. Iran sendiri menyerang pangkalan militer AS itu sebagai balasan atas dibunuhnya jenderal Iran, Qasim Sulaimani dan petinggi militer Iran lainnya oleh AS.


BACA JUGA:




Mousavi mengungkapkan, Iran merupakan tetangga dan teman lama Iran dan karena itu kedaulatan dan integritas teritorialnya adalah penting.

Ditambahkannya, Iran selalu menyerukan penolakan terhadap intervensi asing di Irak. Mousavi juga mengatakan, kehadiran mereka di Irak karena Iran diminta pemerintah Irak memerangi teroris ISIS yang sudah siap akan mengambil-alih Baghdad.

Seperti diketahui, Iran merudal kedua pangkalan AS di Anbar dan Erbil, Irak, pada Rabu (8/1/2020) lalu. Iran mengkonsentrasikan serangan mereka ke pangkalan Ain al-Assad, Anbar, karena pangkalan itu merupakan markas penting bagi militer AS di Irak. Serangan itu mengakibatkan hancurnya beberapa titik lokasi di kedua pangkalan militer AS itu. AS sendiri kemudian mengaku mundur dari konflik militer dengan Iran. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

1 Trackback / Pingback

  1. Iran Ingatkan Presiden Perancis Karena Kerahkan Pasukan ke Teluk Persia – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*