Xi Jinping dan Jokowi Bicara Wabah Coronavirus, Kerjasama Terus Berlanjut

Presiden China, Xi Jinping, dan Presiden Indonesia, Joko Widodo, saat bertemu di Osaka, Japan, 28 Juni 2019. [Foto: Pang Xinglei/XinHua)

BEIJING | Presiden China, Xi Jinping, berbicara lewat telepon dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada Selasa (11/2/2020) malam. Kepada Jokowi, Xi menyatakan keyakinannya akan memenangkan perang melawan wabah Coronavirus 2019-nCoV dan pencapaian tujuan-tujuan pembangunan ekonomi dan sosial. Demikian dikabarkan dari Kantor Berita China, XinHua, pada Selasa (11/2/2020) waktu setempat.

Xi mengatakan, pada saat yang genting ini ketika China sedang berjuang melawan epidemi koronavirus, percakapan telepon antara Jokowi dengannya mencerminkan persahabatan dan dukungan Indonesia kepada China sebagai mitra strategis yang komprehensif.

Xi menyampaikan penghargaan atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan oleh Indonesia. China dikatakan juga siap untuk terus melanjutkan persahabatan tradisional bertetangga baik dengan Indonesia, terus memperdalam sinergi strategi pembangunan, dan mengimplementasikan proyek-proyek pembangunan bersama Belt and Road.

Xi menekankan, memerangi epidemi saat ini adalah prioritas utama pemerintah China. “Bangsa China adalah negara yang telah pernah mengalami kesulitan dan memiliki semangat yang tak tergoyahkan, dengan kekuatan yang semakin kuat,” kata Xi.




BACA JUGA:


“China akan terus memperkuat kerja sama dalam pencegahan dan pengendalian epidemi dengan Indonesia dan negara-negara lain secara terbuka dan transparan untuk menjaga keamanan kesehatan masyarakat regional dan global,” kata Xi.

“China akan terus merawat warga negara asing dengan baik, termasuk orang Indonesia, di China, dengan cara yang sama seperti merawat warganya sendiri,” tegas Xi.

“Sejak epidemi meletus, negara-negara tetangga China, termasuk Indonesia, telah memberikan dukungan yang berharga bagi China dalam berbagai cara, dan saling membantu satu sama lain di masa-masa sulit,” kata Xi.

Sementara itu, masih dikutip dari Kantor Berita Xinhua, ditulis, Jokowi, atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, menyatakan simpati kepada pemerintah dan rakyat China atas epidemi coronavirus. Pada saat yang sulit ketika China sedang berjuang melawan wabah, Indonesia sebagai mitra China akan selalu mendukung untuk mengatasi wabah Coronavirus sesegera mungkin.

“Indonesia telah menyediakan sejumlah pasokan medis ke China,” kata Jokowi. Dia menambahkan, Indonesia siap untuk terus menawarkan bantuan yang diperlukan dalam menanggapi kebutuhan China. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

1 Trackback / Pingback

  1. Coronavirus Update: Korban Tewas 1.113 Jiwa, 44.643 Kasus Terkonfirmasi – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*