Progres 60%-70%, Menanti Kemegahan Masjid Agung Medan

Gubsu Edy Rahmayadi saat meninjau pembangunan Masjid Agung Medan, Rabu (19/2/2020). [Foto: Humas Sumut]

MEDAN | Hingga kini, pembangunan Masjid Agung Medan menunjukkan progres pembangunan di titik 60-70%. Nantinya, masjid yang terletak di pusat kota tepat di samping Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) ini bakal memiliki menara setinggi 199 meter. Hal ini menjadikan menara Masjid Agung Medan sebagai salah satu menara masjid tertinggi di Asia.

Gubsu Edy Rahmayadi yang juga Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung Medan, dalam peninjauan di lokasi masjid pada Rabu (19/2/2020), mengatakan, Masjid Agung Medan di April mendatang sudah bisa menggelar shalat Tarawih Ramadhan.

“Alhamdulillah, pembangunan berjalan lancar sesuai dengan harapan kita. Tak sepenuhnya rampung, masih 60 sampai 70%. Tetapi bulan April sudah bisa mulai kita fungsikan untuk Shalat Tarawih pada Bulan Ramadhan nanti,” terang Edy.




BACA JUGA:


Edy yang didampingi Wakil Ketua Panitia, Musa Idishah; Ketua Tim Teknis, Trio Pahlawan; serta Ketua BKM Masjid Agung, Azwir Ibnu Aziz, menyebut, akhir tahun 2020 diperkirakan pembangunan masjid sudah rampung hingga 90% dan bisa dipakai sepenuhnya.

“Hanya perlu ditindaklanjuti dengan tindakan finishing atau pelengkap lainnya, seperti menara, tempat parkir, area kuliner, taman dan lainnya,” tutur Edy.

Pembangunan ulang Masjid Agung Medan telah dimulai sejak 2017 kemarin. Diperkirakan, bangunan baru masjid dengan luas 6.676 meter persegi, dapat menampung sekitar 10.000 jemaah atau sepuluh kali lipat dari kapasitas sekarang 1.200 jemaah. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*