Wagubsu Ijeck Tinjau Ikon Islam Sergai, Masjid Agung

Masjid Agung Serdang Bedagai. [Foto: Humas Sumut]

SEI RAMPAH | Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, meninjau Masjid Agung Serdangbedagai (Sergai) di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Sergai, Sabtu (15/2/2020). Masjid ini diniatkan akan menjadi ikon Islam di Sergai.

Masjid Agung Sergai dibangun di atas lahan 2,4 hektare dengan daya tampung sekitar 5 ribu jamaah. Masjid yang berada di depan pintu tol Teluk Mengkudu ini memiliki 3 lantai. Lantai 1 untuk perkantoran organisasi dan lembaga Islam, lantai 2 dan 3 digunakan untuk ibadah shalat. Masjid Agung juga memiliki menara setinggi 50 meter.

“Kalaulah sudah namanya Masjid Agung, haruslah kita agungkan masjid ini. Harus kita makmurkan,” kata Musa Rajekshah yang akrab dipanggil Ijeck ini saat meninjau masjid. Turut hadir Bupati Sergai, Soekirman, Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya; dan jajaran serta OPD Pemprov Sumut.

Di halaman Masjid Agung itu, Ijeck yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut itu, juga melantik Pengurus IPHI Sergai Periode 2019 – 2024.



Wagubsu Musa Rajekshah dan Bupati Sergai, Soekirman, saat meninjau Masjid Agung Sergai, Sabtu (14/2/2020). [Foto: Humas Sumut]

BACA JUGA:


Ijeck menambahkan, banyak cara untuk memakmurkan masjid, tidak hanya digunakan untuk salat 5 waktu saja, seperti kegiatan keagamaan majelis taklim dan mengaji, mendidik generasi muda atau kegiatan lainnya. “Kita sama-sama doakan apa yang menjadi niat dan semangat kita dalam syiar agama bisa tercapai lebih baik lagi dengan adanya Masjid Agung,” kata Wagub.

Sementara itu, Bupati Sergai, Soekirman, menyampaikan, Masjid Agung Sergai sudah digunakan pada sehari sebelumnya, untuk Shalat Jum’at pada Jumat (14/2/2020).

Soekirman juga mengatakan di lingkungan masjid akan dijadikan pusat wisata religi Sergai, tempat kuliner makanan halal, hingga rumah tahfiz. “Niat kami menjadikan Masjid Agung ini sebagai ikon Islam di Sergai. Insyaa Allah akan banyak inspirasi untuk pembangunan Masjid Agung ini,” ujar Soekirman. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Progres 60-70%, Menanti Kemegahan Masjid Agung Medan – indhie
  2. Wagubsu Ijeck Orang Pertama Lempar “Manten Tebu” ke Penggilingan PTPN2 – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*