Kursi Nasdem di DPRD Sumut Melonjak Lebih 100%, Demokrat-Hanura Anjlok

Partai Nasional Demokrat. [foto: net]

MEDAN | Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Hasil Pemilihan Umum 2019 membuka beberapa fakta baru. Di antaranya adalah lonjakan kursi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sumut.

Dalam pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, pada Selasa (27/8/2019) itu, Nasdem memeroleh 12 kursi. Padahal, dalam Pemilu 2014 lalu, Nasdem hanya meraih 5 kursi. Ini berarti ada pertambahan sekitar 140%. Ini membuat Nasdem menduduk peringkat empat dalam peta konstelasi politik di DPRD Sumut Periode 2019-2024.

Setelah Nasdem, berturut-turut adalah PKS (11 kursi) yang juga mengalami kenaikan dari Pemilu 2014 (9 kursi). Demikian juga suara PAN, dari 6 kursi di Pemilu 2014 menjadi 8 kursi di Pemilu 2019. Sementara itu, PDIP naik 3 kursi dan Gerindra naik 2 kursi.


BACA JUGA:




Namun di sisi lain, suara Partai Demokrat dan Hanura mengalami penurunan yang signifikan. Demokrat yang pada Pemilu 2014 lalu mendapat 14 kursi, kini hanya mampu meraih 9 kursi. Artinya, ada 5 kursi yang hilang.

Sementara Hanura, dari 10 kursi di periode 2014 lalu, kini hanya mendapat 6 kursi atau hilang 4 kursi.

Penurunan kursi juga didapat PPP (dari 4 menjadi 2) dan PKB (dari 3 menjadi 2). Golkar yang menjadi pemenang di Pemilu 2014 lalu, turun 2 kursi.

DPRD Sumut juga bakal mendapat pendatang baru dari Partai Perindo yang berhasil mendapat 1 kursi. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kursi DPRD Sumut Anjlok, Demokrat Tuding Politik Identitas, Pilpres dan Dana – indhie
  2. Tak Ada Capres, Politik Identitas Bikin Kursi DPRDSU Hilang? Akademisi: PKS, Nasdem Naik – indhie
  3. DPP Nasdem akan Evaluasi Anggota DPRD Terpilih Setiap Tiga Bulan – indhie
  4. Nasdem Incar Pimpinan DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani Berpeluang – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*