PTPN2 Salurkan Dana Bergulir Program Kemitraan Semester I 2021 Rp1,6 Miliar

Kabag Sekretariat, Diwan Syahdu, didampingi Kasubag Humas, Sutan Panjaitan, dan Staf PKBL, Elvina Suci Kartika, menyerahkan secara simbolis dana pinjaman bergulir Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Semester I Tahun 2021 kepada usaha kecil dan menengah (UKM) Mitra Binaan PTPN2, di Puri Triadiguna, PTPN2 Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (29/06/2021). [Foto: Hendra]

TANJUNG MORAWA | PTPN2 salurkan dana pinjaman bergulir Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Semester I Tahun 2021 kepada usaha kecil dan menengah (UKM) di Puri Triadiguna, PTPN2 Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (29/6/2021).

Kabag Sekretariat PTPN2, Diwan Syahdu, melalui Kasubbag Humas, Sutan BS Panjaitan SE, didampingi Staf PKBL Elvina Suci Kartika, mengatakan, besarnya dana bergulir yang disalurkan pada Semester Pertama Tahun 2021 ini senilai Rp1,6 Miliar.

Semua dana program kemitraan penyalurannya  melalui tahap evaluasi dan seleksi yang sebelumnya calon mitra binaan sudah mengajukan proposal ke PTPN2.

Untuk semester pertama ini yang mendapat pinjaman berjumlah 62 mitra binaan yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Sumut. Di antaranya, mitra binaan dari Kabupaten Deliserdang 9 orang, Kabupaten  Serdang Bedagai 30 orang, Kabupaten Langkat 19 orang, Kota Medan 3 orang dan Kota Binjai 1 orang.

Direktur PTPN2, Irwan Perangin-Angin, dalam sambutannya yang diwakili SEVP BUSINESS SUPPORT, Syahriadi Siregar, mengatakan, saat ini PTPN2 membantu mitra binaan guna meningkatkan usaha-usaha mikro (keluarga) di sekitar lingkungan kerja PTPN2. “Kami tetap komitmen menyalurkan dana bantuan,” kata dia.



Diharapkan, dana yang diberikan secara bergulir ini dapat memberi manfaat dan dipergunakan dengan benar dan baik. Maka usahanya akan memberikan kontribusi secara positif, gunakan pendanaan semaksimal mungkin sesuai harapan.

Para mitra usaha sama-sama menjunjung tinggi kepercayaan, dan diharapkan pengembaliannya lancar dan nantinya dapat dipergunakan pelaku usaha lainnya. PTPN2 akan memantau secara periodik ke mitra-mitra usaha.

Kemudian, para mitra usaha agar membantu PTPN2 memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk membantu menjaga aset PTPN2 sehingga nantinya PTPN2 bangkit dan jaya kembali.

Dana pinjaman dapat memberikan manfaat dan harus dikembangkan demi pertumbuhan ekonomi. Moment ini harus dimanfaatkan, sebab masih banyak masyarakat yang berharap mendapatkan pinjaman, tetapi tidak ada kesempatan.

“Begitu juga dengan seluruh mitra binaan diharapkan maju, agar pengembalian pinjaman lancar serta selalu mematuhi Prokes dimasa Pandemi Covid-19 ini. Hendaknya kita semua sehat,” kata Direktur.

Sementara itu mewakili Mitra Binaan, Suriono, mengatakan sangat berterima kasih kepada PTPN2 yang dapat membantu usaha kecil dalam mengembangkan usaha mereka sehingga  nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan membayar cicilan pinjaman dengan lancar. “Dengan adanya dana PKBL ini PTPN2 telah memberikan perhatian, khususnya kepada pelaku usaha kecil dan menengah, sehingga program pemerintah dalam rangka pencapaian pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan akan dapat terwujud pada masa Pandemi Covid-19,” kata dia.

Ditambahkannya, pada saat ini kita telah sama sama menyaksikan bahwa PTPN2 telah merealisasikan sebagai rasa tanggung jawab sosial khususnya dibidang perekonomian melalui peningkatan pendanaan usaha kecil menengah di Kabupaten/Kota.

Acara penyerahan dana PKBL ini diserahkan secara simbolis kepada Sukirman (Sergai), Liberty (Deliserdang), Suriono (Langkat) Jumasri (Kota Binjai) dan Nuraisyah (Kota Medan).

Pada penyerahan dana pinjaman bergulir tersebut dihadiri SEVP BUSINESS SUPPORT Syahriadi Siregar didampingi Kepala Bagian Sekretariat Diwan Syahdu, Kasubbag Humas Sutan BS Panjaitan, Staf PKBL Elvina Suci Kartika, Asuransi Jasa Tania, dan karyawan PKBL serta undangan mitra binaan dan ahli waris. (*)


Laporan: Hendra

Bagikan:

Cari di INDHIE