Ketua DPRD Sumut: Pemkab/Pemko Jangan Sembunyikan Data Warga Terpapar Covid 19

Baskami Ginting

MEDAN | Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs Baskami Ginting meminta seluruh pemerintah daerah tingkat II selalu terbuka terkait data Covid-19 di daerahnya. Hal itu disampaikan Baskami Ginting, Ahad (13/6/2021) sepulangnya dari reses di wilayah Daerah Pemilihan Sumut 7.

Berdasarkan data hingga Sabtu (12/6/2021) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus positif dikonfirmasi berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Sumut yakni, Positif 33.240, Sembuh 29.595, dan Meninggal 1.089.

Baskami menyebut, data jujur atau real diperlukan untuk penanganan tepat apabila ada lonjakan kasus virus corona. “Kepala daerah harus bisa secara terbuka menyampaikan laporan terkait kondisi wilayahnya, sejujur-jujurnya. Kalau daerahnya memang punya masalah terkait penanganan Covid-19 sebaiknya segera sampaikan,” kata Baskami Ginting.



Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan kepala daerah jangan pernah menyembunyikan data Covid-19. “Jangan kemudian menyembunyikan kondisi wilayahnya. Karena kalau sudah parah kemudian tidak bisa kita lakukan antisipasi dan mitigasi,” tegasnya.

Selain penerapan protokol kesehatan 5 M , Baskami meminta masyarakat mau segera divaksinasi, sebab itulah syarat untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Jangan takut divaksin, mudah-mudahan dengan divaksin itu menambah kekebalan. Tapi bukan berarti kita enggak akan terpapar, karenanya tetap menjaga protokol kesehatan itu penting. Pakai masker, cuci tangan dengan sabun, kalau enggak ada sabun pakai hand sanitizer,” ujarnya seraya mengaku prihatin warga masih banyak yang takut untuk divaksin. (*)


Laporan: Hendra

Bagikan:

Cari di INDHIE