Komando Gabungan TNI Gelar Pasukan di Natuna

Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono SE MM sedang memeriksa pasukan saat apel gelar pasukan di Natuna, Jumat (3/1/2020). [foto: Puspen TNI/twitter]

NATUNA | Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan I) Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengadakan apel gelar pasukan intensitas operasi rutin TNI dalam pengamanan laut Natuna di Paslabuh, Selat Lampa, Ranai, Natuna, Jumat (3/1/2020). Apel dipimpin langsung Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Margono SE MM. Gelar operasi  ini dilakukan untuk menjaga wilayah kedaulatan Indonesia dari pelanggaran negara asing.

Apel diikuti sekitar 600 personel dari tiga matra TNI: darat, laut dan udara. Pasukan Angkatan Darat yaitu 1 Kompi TNI AD Batalyon Komposit 1 Gardapati. Pasukan Angkatan Laut yaitu 1 Kompi Gabungan TNI AL terdiri dari personel Lanal Ranai, KRI Teuku Umar 385, KRI Tjiptadi 381, Satgas Komposit Marinir Setengar. Sedangkan Angkatan Udara yaitu 1 Kompi TNI AU dari Lanud Raden Sadjad dan Satrad 212 Natuna.




BACA JUGA: 


Sebelumnya, dalam rilis pers Pusat Penerangan (Puspen) TNI, dikabarkan, sebelum bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Natuna, Pangkogabwilhan I di hadapan awak media, menyampaikan, operasi ini dilaksanakan oleh Koarmada I dan Koopsau I.

Alutsista yang sudah tergelar yaitu 3 KRI (Kapal Perang Republik Indonesia), 1 pesawat intai maritim dan 1 pesawat Boeing TNI AU. Sedangkan dua KRI masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Natuna, Jumat (3/1/2020).

Operasi ini digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut, khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Laut Natuna Utara. Operasi ini merupakan salah satu dari 18 operasi yang akan dilaksanakan Kogabwilhan I di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Rangking Militer Dunia: China Urutan 3, Indonesia 16 – indhie
  2. Kodam I/Bukit Barisan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi 2020 – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*