Kasus Babi Mati, Pemprov Sumut Siapkan Duit Rp5 Miliar

Ternak babi. [foto: ilustrasi]

MEDAN | Kasus matinya babi-babi di Sumatera Utara (Sumut) dan pembuangan bangkai babi di sembarang tempat yang masif belum lama ini, telah meresahkan warga. Untuk menangani kasus babi mati ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp5 Miliar.

Duit itu akan digunakan di antaranya untuk kepentingan patroli ternak, pendirian pos-pos penutup jalan ke luar hingga masuknya ternak babi milik warga. Pemprovsu juga menyiapkan dana untuk sejumlah personel yang ikut membantu warga masyarakat menguburkan ternak babi yang mati, berikut pemusnahan hewan tersebut.

Demikian disebutkan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, kepada wartawan pasca Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/12/2019).



Edy mengatakan, hingga saat ini, penyakit hog cholera (kolera babi) diketahui masih menghantui babi-babi yang masih hidup. “Pemprov masih memblokir penyebaran virus itu dengan vaksin dan akan mengatasi wabah yang berbahaya bagi ternak babi,” kata Edy.


BACA JUGA: Sumut Penghasil Babi Terbesar Kedua di Indonesia


Seperti diinformasikan sebelumnya, data Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Pemprovsu hingga 11 Desember 2019, menyebutkan, sebanyak 27.070 ekor babi di Sumut mati akibat penyakit kolera babi. Itu berarti 2,7% dari total babi yang diperkirakan sebanyak 1.229.742 ekor yang ada di Sumut.

Babi-babi mati itu menyebar di 16 kabupaten/kota di Sumut yaitu Dairi, Humbang Hasundutan, Deli Serdang, Medan, Karo, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Samosir, Simalungun, Pakpak Bharat, Tebing Tinggi, Siantar dan Langkat. Jumlah kematian tertinggi terjadi di Deli Serdang sebanyak 7.307 dari populasi 57.361 ekor.

Sumut sendiri merupakan daerah penghasil babi kedua terbesar di Indonesia setelah Nusa Tenggara Timur. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sumut Penghasil Babi Terbesar Kedua di Indonesia – indhie
  2. Grafis Jumlah Babi di Indonesia dan Sumut – indhie
  3. PON 2020 Papua, Sumut Ditargetkan Masuk Lima Besar – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*