Akan Bikin Patung Sukarno Berkuda, Prabowo: HUT TNI Pertama, Bung Karno Naik Kuda

Sukarno menaiki kuda ketika menginspeksi pasukan pada saat ulang tahun Angkatan Perang/TNI yang pertama di Yogyakarta, 1946. [Foto: ANRI/IPPHOS]

MAGELANG | Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, berencana akan membuat patung Proklamator Indonesia, Ir Sukarno, di kantor Kementerian Pertahanan RI. Hal itu dikatakannya pasca peresmian patung Bung Karno di kawasan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jum’at (7/2/2020).

Prabowo melontarkan rencana itu di hadapan Megawati Sukarnoputri, putri kandung Sukarno dan cucu Sukarno, Puan Maharani, yang saaat ini menjadi Ketua DPR RI. “Kementerian Pertahanan juga berencana membuat patung Bung Karno,” kata Prabowo, “tapi di atas kuda.”

“Ini penting. Karena pada ulang tahun Angkatan Perang pertama, ulang tahun TNI pertama, Bung Karno sebagai Irup (inspektur upacaya), inspeksi pasukan di atas kuda. Jadi ini fakta sejarah yang ingin kita abadikan untuk generasi penerus,” ungkap Prabowo.




BACA JUGA:


Prabowo melanjutkan, peristiwa Sukarno menaiki kuda itu terjadi pada ulang tahun TNI yang pertama. “Jadi lahirnya TNI, 5 Oktober, hari ulang tahun pertama, 1946, di Yogyakarta, Bung Karno sebagai Irup, di atas kuda. Jadi, kemenhan nanti punya patung Bung Karno di atas kuda. Mohon izin ibu,” kata Prabowo sambil melihat pada Megawati.

Tampak hadir dalam peresmian itu mantan Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal TNI (Purn.) AM Hendropriyono; Kepala BIN Jenderal Pol (Purn.) Budi Gunawan; Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa; Inspektur Jenderal TNI Letnan Jenderal TNI M Herindra; Gubernur Akademi Militer, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi; Kapolda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Rycko Dahniel; dan tamu undangan lainnya.

Juga hadir elit PDIP, di antaranya Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

1 Trackback / Pingback

  1. Kodam I/Bukit Barisan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi 2020 – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*