Hattrick ke Bolivia, Messi Lewati Rekor Pele

Lionel Messi saat menjuarai Copa America 2021 melawan Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brazil, pada 10 Juli 2021. [Foto: Nelson Almeida/AFP/Getty Images]

BUENOS AIRES | Lionel Messi mencetak hattrick atas Bolivia di Stadion Monumental, Buenos Aires, Jumat (10/9/2021) WIB pagi tadi. Tiga gol Messi membuat Argentina menang 3-0 atas Bolivia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol Amerika Selatan.

Dengan kemenangan atas Bolivia ini, maka Argentina duduk di posisi kedua dan terpaut enam poin dari Brasil yang menempati urutan pertama. Beberapa hari sebelumnya, pertandingan kontra Brasil di Maracana, Brasil, sempat ditunda akibat kasus Covid-19.

Tiga gol itu juga membuat Messi melewati rekor gol legenda Brasil, Pele. Sebelum laga Bolivia dimulai, Messi sudah menoreh 76 gol dan terpaut hanya satu gol dengan Pele yang telah menyarangkan 77 gol dalam pertandingan internasionalnya. Dengan 79 gol dari 153 pertandingan internasional, maka Messi menjadi top skor dari Amerika Selatan dalam gol internasional sepanjang masa.



Saat ini Messi menempati urutan ke-5 dan berusaha mengejar urutan ke-4 yang dipegang Ferenc Puskas dari Hungaria yang mengoleksi 84 gol dari 85 pertandingan sepanjang 1945 hingga 1956. Di atas Puskas ada Cristiano Ronaldo (Portugal) 111 gol, Ali Daei (Iran) 109 gol, dan Mokhtar Dahari (Malaysia) dengan 89 gol.

Selain rekor itu, hattrick Messi ini membuatnya menjadi top skor Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol Amerika Selatan yang sebelumnya dipegang Luis Suarez dari Uruguay. Hattrick Messi ini merupakan yang pertama setelah melawan Eibar di Liga Spanyol pada 22 Februari 2020 lampau. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE