Diresmikan Bachtiar Dja’far, Masjid Amal Silaturahim Pernah Terbakar

Masjid Amal Silaturahim, Sukaramai II. [foto: bolang/indhie]

MEDAN | Isu relokasi Masjid Amal Silaturahim (MAS) yang terletak di jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Area, Medan, berseliweran. (Baca: Benarkah Masjid Amal Silaturahim Sukaramai II Bakal Direlokasi?Seperti apa sejarah masjid ini?

Masjid ini rupanya sudah lama berdiri. Dari penelusuran, diketahui, masjid yang masih berdiri kokoh dan ditumbuhi beberapa pohon mahoni besar di halamannya, sudah ada sejak tahun 1955.



Masjid ini dulunya adalah sebuah langgar yang didirikan tepat di Gang Melur, Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Area. Langgar itu diwakafkan oleh Imam Sutarno dengan ukuran tanah 12×20 meter. Wakaf itu diutarakan secara lisan.

Karena jumlah jemaahnya bertambah, langgar kemudian berubah fungsi menjadi masjid. Pada 1961, lisan Imam Sutarno dituliskan untuk dijadikan acuan hukum yang sah.

Namun, seperti yang dikatakan jemaah, suatu saat terjadi kebakaran yang menghanguskan bangunan masjid. Akhirnya, masjid itu pun dipindahkan ke lokasi saat ini, jalan Timah Putih, Sukaramai II.

Di tahun 1995, Masjid Amal Silaturahim diresmikan oleh Wali Kota Medan waktu itu, H Bachtiar Dja’far. Pemindahan itu mengacu pada Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 1978 tentang perwakafan tanah milik.

Saat ini, seiring pembangunan rumah susun di sekitar lokasi tersebut oleh PT Perusahaan Umum Pembangunan Rumah Nasional (Perum Perumnas) di lokasi itu, masjid ini pun diisukan bakal direlokasi. (*)


Laporan: Bolang

Bagikan:

Cari Berita

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Hendak Tutup Masjid Amal Silaturahim Medan, BKM Dilaporkan Ke Polisi – indhie
  2. BKM Ingin Masjid Amal Silaturahim Medan Dipindahkan – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*