Deteksi Dini, Dosen FK UMSU Periksa Kesehatan Reproduksi Wanita di Medan

Dosen Kedokteran UMSU, dr Dian Erisyawanty B MKes SpKK, sedang melakukan pengabdian masyarakat. [foto: risfan]

MEDAN | Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian pokok dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, hal ini sangat penting sebagai wujud nyata aplikasi ilmu pengetahuan dalam bidang pelayanan kesehatan di dalam komunitas masyarakat.

Atas dasar itulah, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yaitu dr Dian Erisyawanty B MKes SpKK melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Tegal Sari Mandala II dan Kelurahan Titi Kuning, Kota Medan, belum lama ini.



“Kegiatan ini terlaksana atas bantuan dari UMSU. Dan tema yang kita angkat dalam Program Kemitraan Masyarakat ini adalah Identifikasi Keputihan Sebagai suatu Gejala Fisiologis atau tanda dari penyakit,” ujar Dian.

Ia menjelaskan, pengabdian masyarakat yang melibatkan Lurah, Ibu PKK, dan beberapa orang mahasiswa FK UMSU ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para wanita usia subur mengenai kesehatan reproduksi wanita, terutama masalah keputihan.

“Dalam kegiatan kita juga melakukan pemeriksaan papsmear gratis yang bertujuan untuk mendeteksi dini kanker serviks pada wanita. Alhamdulillah kegiatan berhasil dilaksanakan dengan baik dan lancar. Dan kita sangat senang, karena warga begitu antusias ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” ungkapnya. (*)


Laporan: Risfan Sihaloho

Bagikan:

Cari Berita

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*