Aneh, Uang Miliaran Bisa Raib di Kantor Gubsu

Lokasi kejadian tempat mobil pengangkut uang terparkir di halaman kantor Gubsu. [foto: bolang]

MEDAN | Uang sejumlah Rp1 miliar lebih raib di halaman parkir depan Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Senin (9/9/2019) kemarin sore. Kini pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tengah melaporkan kejadian itu ke Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan.

Namun yang aneh dalam kasus ini, CCTV di seputaran lokasi tidak merekam kejadian raibnya uang miliaran itu. “Kejadiannya persis di sini, rekamannya ada tapi setelah kita periksa, (cctv) tidak ada merekam itu,” ungkap Kasubbag Hubungan Antar Lembaga, Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu, Salman dengan raut wajah berkerut bak orang kebingungan ketika dikonfirmasi, Selasa (10/9/2019) siang.

Pihaknya membenarkan kejadian tersebut. Salman yang ditemui usai mediasi bersama aktivis agraria di halaman depan Kantor Gubernur Sumatera Utara mengatakan, belum mengetahui pasti jumlah total uang yang hilang bak ditelan bumi itu. “Ya kita mendengar informasi tersebut, ada kejadian hilangnya uang,” katanya.



Salman tak tahu persis uang yang dikelola Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumut akan dialokasikan untuk apa. “Uangnya untuk apa, berapa jumlahnya, kita belum tahu persis. Pernyataan resmi dari BPKAD juga belum ada. Simpang siur, ada yang bilang Rp1,7 miliar, ada lagi Rp1,8 miliar. Tapi yang jelas di atas Rp1 miliar,” akunya.

Mengenai kronologi, Salman menceritakan sedikit apa yang dia ketahui. Menurutnya, kejadian terjadi pada Senin (9/9/2019) sekitar pukul 16.00 WIB. Lalu, baru diketahui satu jam setelah raibnya uang. Pelaku melakukan aksinya dengan cara merusak pintu mobil.

“Semalam sore, jam 5 ketahuannya. Berarti kejadian sebelum itu. Tapi memang sudah dilaporkan ke Polrestabes Medan. Mobilnya sekarang di Polres, pintunya dirusak,” tutur pria berkacamata itu.

Sembari menunjuk ke arah lokasi kejadian, tepat di titik mobil terparkir, Salman menyebut uang itu langsung datang dari Bank Sumut yang dibawa menggunakan satu unit mobil yang dikendarai pegawai Pemprov Sumut.

Usai memarkirkan mobil, pegawai tersebut masuk ke dalam kantor. Berselang satu jam, barulah pegawai itu balik ke mobil, dan sontak terkejut mengetahui uang miliaran itu telah raib.

“Yang jelasnya begini, mobilnya datang dari Bank Sumut, pegawainya masuk ke dalam dan mobilnya ditinggal. Terus ketahuannya sekitar jam 5 pas pegawai itu balik ke mobil. Itu uang yang dikelola oleh BPKAD. Uangnya langsung dari Bank Sumut, sampai di sini. Begitulah keterangan pegawai itu,” imbuhnya.

Salman membantah, uang miliaran itu merupakan gaji Apratur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Pemprov Sumut. “Kalau gaji sudah masuk ke rekening pegawai masing-masing,” sebutnya. (*)


Laporan: Bolang

Bagikan:

Cari di INDHIE

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Uang Hilang di Kantor Gubsu, BPKAD: Uang Ini Honor Tim Anggaran Pemda – indhie
  2. Uang Honor TAPD Hilang, Kepala BPKAD: Yang Menghilangkan Harus Mengganti – indhie
  3. Duit Rp1,6 Miliar yang Hilang di Depan Kantor Gubsu Belum Juga Ditemukan – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*