Di Tengah Konflik Iran-AS, Emir Qatar Temui Ayatullah Khamenei

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei bertemu dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani pada Ahad (12/1/2020). [foto: khamenei.ir]

TEHERAN | Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei, pada Ahad (12/1/2020) malam. Pertemuan itu membicarakan komitmen untuk memerkuat hubungan ekonomi dan politik yang telah terjalin selama ini. Demikian dikabarkan dari kantor berita Iran, Irna, pada Ahad (12/1/2020).

Pertemuan yang dihadiri Presiden Iran, Hassan Rouhani dan pejabat teras Iran dan Qatar itu, dilangsungkan di tengah situasi konflik militer antara Amerika Serikat (AS)-Iran. Khamenei menjelaskan kepada tamunya itu kalau gejolak di kawasan Timur Tengah dan Asia Barat itu, disebabkan oleh kehadiran AS dan sekutu regionalnya. Khamenei menekankan, situasi kacau di kawasan itu menuntut kerja sama yang lebih erat antara negara-negara di kawasan Asia Barat. “Gejolak di kawasan ini disebabkan karena kehadiran koruptif dari AS dan sekutunya.”

“Situasi saat ini di kawasan itu membutuhkan peningkatan hubungan di antara negara-negara di kawasan itu dan tidak terpengaruh oleh induksi asing,” kata Pemimpin Tertinggi. Khamenei menggarisbawahi, Iran berulangkali menegaskan bersedia menjalin kerjasama yang lebih erat dengan negara-negara di kawasan itu.


BACA JUGA: 




Khamenei juga mengakui, hubungan ekonomi kedua negara tidak sekuat hubungan politik. Menurutnya, beberapa negara asing tidak memang mendukung perluasan kerja sama di antara negara-negara di kawasan ini.

Sementara itu, Emir Qatar, menyatakan, ia sangat senang bertemu dengan Khamenei. “Kami sepenuhnya setuju dengan pernyataan Anda mengenai perlunya peningkatan kerjasama di kawasan ini. Kami percaya pembicaraan harus diselenggarakan di antara negara-negara di kawasan ini dalam skala yang lebih besar,” kata Sheikh Tamim menanggapi statemen Khamenei.

Emir Qatar juga menambahkan, komisi bersama kedua negara akan diadakan di Iran dalam waktu tiga bulan. “Mudah-mudahan, hubungan ekonomi kita juga akan berkembang ke tingkat yang sama seperti hubungan politik kita,” tegas Tamim.

Emir Qatar dan rombongan sebelumnya sudah bertemu dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani. Mereka juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Ketua Majelis (Parlemen) Iran (Majelis), Larijani. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*