Besok Pelantikan Kabareskrim dan Kapolda Sumut yang Baru

Komjen Pol Agus Andrianto (kiri), Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak. [foto: net]

JAKARTA | Besok, Rabu (23/2/202), Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Drs Agus Andrianto SH MH akan dilantik sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) yang baru. Bersama dilantik, juga termasuk Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi sebagai Kapolda Sumut yang baru.

Pelantikan digelar di Rupatama Mabes Polri, Jakarta. Pelantikan direncanakan dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Selain Agus dan Panca, juga turut dilantik 25 perwira tinggi yang termasuk dalam Surat Telegram nomor ST/318/II/KEP./2021, yaitu Kalemdiklat Polri (Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel), Kabaintelkam Polri (Irjen Pol Paulus Waterpauw), beberapa kapolda dan perwira tinggi lainnya.



“Rencana besok. Seluruhnya, tidak hanya Kabareskrim. Termasuk beberapa Kapolda,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigadir Jenderal Rusdi Hartono, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Selasa (24/2/2021).

Komjen Pol Agus Andrianto merupakan mantan Kapolda Sumut dalam masa tugas 13 Agustus 2018-6 Desember 2019. Agus merupakan alumni Akpol 1989.

Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak diangkat sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin yang dimutasi menjadi Koorsahli Kapolri. Panca adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990. Jenderal bintang dua ini banyak bertugas di bidang reserse dan juga pernah menjadi Direktur Penyidikan KPK di 2018 lalu. Sebelum dipindah ke tanah kelahirannya di Sumut, Panca merupakan Kapolda Sulawesi Utara. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE