Agus Andrianto Dilantik Jadi Kabareskrim, Kapolri Perintahkan Penegakan Hukum Berkeadilan

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 24 Februari 2021. [Foto: Galih Pradipta/Antara Foto]

JAKARTA | Kapolri, Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi, melantik Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) baru pada Rabu (24/2/2021). Pelantikan digelar di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta. Bersama Agus, ada tujuh perwira tinggi (pati) lainnya yang dilantik oleh Kapolri pada hari itu.

Dalam pelantikan, Jenderal Listyo berpesan kepada Kabareskrim baru untuk mengawal penuh penegakan hukum berkeadilan.

“Bapak Kabareskrim Polri, tolong betul-betul dikawal bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Karena (di) masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas,” perintah Jenderal Listyo kepada Kabareskrim Agus dalam sambutan pelantikan itu.

Kapolri juga meminta restorative justice ditekankan dalam perkara yang ditangani Bareskrim.

“Masalah restorative justice sebagai bentuk penyelesaian permasalahan ini, juga kita coba untuk kita formulasikan dengan baik sehingga kemudian rasa keadilan ini betul-betul kita wujudkan. Tapi kita harus tegas, manakala terhadap hal-hal yang berdampak keselamatan jiwa manusia, berdampak dengan masalah konflik horizontal,” tandas Sigit.



Sebelumnya, Kapolri telah mengeluarkan surat telegram resmi Nomor STR/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021 yang berisi formasi pejabat tinggi baru di lingkungan kepolisian. Dalam SE itu terdapat 25 nama perwira tinggi kepolisian.

Pada Rabu (2/2/2021), ada delapan orang yang dilantik. Mereka adalah:

  1. Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH: Kabareskrim Polri
  2. Komjen Pol Prof Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi: Kalemdiklat Polri
  3. Komjen Pol Drs Arief Sulistyanto MSi: Arief Sulistyanto: Kabaharkam Polri
  4. Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw: Kabaintelkam Polri
  5. Irjen Pol Hendro Sugianto: Kapolda Lampung
  6. Irjen Pol Wahyu Hadiningrat: Asrena Kapolri
  7. Irjen Pol Fiandar: Widyaismara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri
  8. Brigjen Pol Suryanbodo Asmoro: Kadivkum Polri

Seperti diketahui, Komjen Pol Agus merupakan alumni Akpol 1989. Jabatan sebelumnya adalah Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Polri. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE