Trump Bilang Saudi Akan Bayar Pembangunan Suriah, Saudi Jawab Belum Janji

Seorang anak menaiki tank di antara puing-puing bangunan di Syria. [foto: internet]

PRESIDEN Amerika Serikat, Donald Trump, menyatakan, Arab Saudi telah setuju untuk mengeluarkan uang untuk pembangunan kembali Suriah. Atas persetujuan itu, Trump menyatakan terimakasihnya.

Hal ini disebutkan Trump dalam akun twitternya pada Selasa (25/12/2018) lalu. “Arab Saudi sekarang sudah setuju untuk mengeluarkan uang yang diperlukan guna membantu pembangunan kembali Suriah, bukannya Amerika Serikat,” tulis Trump.

“Bukankan hal bagus ketika negara yang sangat kaya membantu membangun kembali tetangga mereka dan bukan sebuah Negara Besar seperti Amerika Serikat, yang berjarak 5.000 mil jauhnya. Terima kasih kepada A. Saudi!” tulis Trump.



Namun, statemen Trump ini dinilai belum mempunyai realisasi konkrit. Dilansir dari cnbc pada Rabu (26/12/2018), seorang pejabat di kedutaan Saudi di Washington mengatakan, kerajaan belum membuat janji keuangan baru yang besar ke Suriah sejak Agustus. Itu saat Departemen Luar Negeri AS mengumumkan kalau Arab Saudi telah berkomitmen 100 juta Dolar AS untuk membiayai stabilisasi wilayah Suriah dari militan ISIS oleh koalisi yang dipimpin AS.

“Kerajaan Saudi merupakan kontributor utama Koalisi Global untuk mengalahkan ISIS, dan juga menyumbangkan jutaan dolar untuk upaya bantuan di sana,” kata seorang pejabat kedutaan Saudi kepada CNBC melalui email.

Pada hari Rabu (26/12/2018), Gedung Putih juga telah mengklarifikasi bahwa tweet Trump tidak dimaksudkan untuk mengumumkan komitmen baru dari Arab Saudi.

Departemen Luar Negeri AS mengumumkan pada Agustus kemarin, mereka telah membatalkan bantuan senilai 230 juta Dolar AS yang diperuntukkan bagi upaya stabilisasi dan pemulihan awal di timur laut Suriah. Departemen itu mengatakan dana itu tidak lagi diperlukan karena pemerintah telah mengamankan sekitar 300 juta Dolar AS untuk tujuan yang sama dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan negara-negara lain. (*)


sumber: cnbc, antara

Bagikan:

Cari Berita

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*