Tol Laut Akhirnya Sampai Juga ke Nias

KM Kendhaga Nusantara 2 yang melayani Rute Teluk Bayur, Sinabang, Gunung Sitoli Nias.
[foto: hubla.dephub]

GUNUNG SITOLI | Setelah lebih empat tahun diprogramkan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akhirnya kapal program tol laut baru singgah ke Pelabuhan Gunung Sitoli, Nias. Kapal kontainer KM Kendhaga Nusantara 2 yang termasuk dalam program tol laut melakukan kunjungan perdana di Pelabuhan Gunungsitoli.

Rute tol laut adalah Teluk Bayur, Sinabang, Gunungsitoli, dan kembali ke Teluk Bayur selama sembilan hari.

“Kapal tol laut ini mengangkut muatan 100 kontainer dan berkunjung atau membuka rute ke Pelabuhan Gunungsitoli berkat kerja sama PT Pelindo dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli,” kata General Manager PT Pelindo I Cabang Gunungsitoli, Jonni Sitompul di Gunungsitoli pada Kamis (20/6/2019).




Sebelum kunjungan kapal kontainer tol laut itu, PT Pelindo Cabang Gunungsitoli mendatangi Wali Kota Gunungsitoli untuk pengusulan kapal tol laut dan hasilnya mendapat sambutan yang baik.

Ia menjelaskan Wali Kota Gunungsitoli langsung ke Kementerian Perhubungan untuk meminta agar kapal tol laut membuka rute di Pelabuhan Gunungsitoli. “Kunjungan kapal tol laut KM Kendhata Nusantara 2 merupakan yang pertama dan kita berharap terbukanya rute tol laut di Pelabuhan Gunungsitoli dapat memacu disparitas harga dan meningkatkan perekonomian di Pulau Nias,’ ujarnya.

Ia menyampaikan untuk memajukan program tol laut diperlukan peran pemerintah daerah di seluruh Kepulauan Nias. Sebaliknya, pedagang yang mengangkut komoditi daerah dari Gunungsitoli ke Sibolga menggunakan kapal roro dapat beralih menggunakan tol laut dan menjual komoditi daerah di Padang, Sumatera Barat.

“Kita berharap semua pedagang di Pulau Nias menggunakan tol laut yang pasti lebih murah ongkosnya karena disubsidi, dan rute tol laut adalah Teluk Bayur, Sinabang, Gunungsitoli, dan kembali ke Teluk Bayur selama sembilan hari,” katanya.

Sebelumnya, kapal KM Kendhaga Nusantara 2 telah dilakukan pelepasannya dari PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI) Makassar pada Maret 2019 kemarin. PT ASDP Indonesia telah ditunjuk sebagai operator kapal. KM Kendhaga Nusantara 2 berbasis di Pelabuhan Teluk Bayur, Sumatera Barat.(*)


sumber: Antara

Bagikan:

Cari Berita

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*