PTPN II Bersihkan 674 Ha Lahan HGU di Kecamatan Tunggurono Binjai

PTPN II membersihkan areal perkebunan di BInjai. [foto: hendra]

BINJAI | PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II melakukan pembersihan lahan HGU seluas 674 hektar di kawasan Kecamatan Tunggurono, Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut). Ratusan orang personel gabungan dari Polda Sumut, Polres Binjai dan TNI, dilibatkan.

Personel gabungan itu mengawal pembersihan kebun guna mengantisipasi adanya perlawanan dari masyarakat penggarap. “Pembersihan lahan berjalan aman dan lancar tanpa ada kendala,” ujar Koordinator Humas PTPN2, Sutan Panjaitan, pada Selasa (13/8/2019).



Sebelum dilakukan okupasi, Sutan menjelaskan, pihaknya sudah terlebih dahulu telah melaksanakan tindakan persuasif melakukan komunikasi dengan sejumlah petani yang menggarap lahan tersebut. Kepada mereka, pihak PTPN II memberikan tali asih kepada sejumlah petani penggarap yang lahannya terdampak okupasi.

“Rencananya usai lahan dibersihkan, pihak PTPN II akan menanam tebu di area tersebut untuk meningkatkan produksi gula yang ada di Sumatera Utara,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto menambahkan, dalam pelaksanaannya, tetap menjaga agar untuk tidak terjadi bentrokan fisik dengan masyarakat. Sehingga pengamanan berjalan dengan aman dan tertib.

“Dalam pelaksanaan pembersihan lahan ini, menurunkan personil gabungan dari TNI Polri sebanyak empat ratus personil dalam melakukan pengamanan saat okupasi berlangsung,” ujarnya.

Selain ratusan personel gabungan, dalam kegiatan itu juga dilibatkan 4 unit ekscavator dan 18 unit jonder. Kegiatan tersebut lun akan berlangsung hingga dua pekan ke depan. (*)


Laporan: Hendra

Bagikan:

Cari Berita

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*