Iran Rudal Amerika, Khamenei: Itu Tamparan Tapi Masih Belum Cukup

Ayatullah Ali Khamenei di hadapan masyarakat Qum saat peringatan Revolusi Iran 1978, pada Rabu (8/1/2020). [foto: Irna]

TEHERAN | Pasukan Garda Revolusi Iran, IRGC, telah menembakkan puluhan rudalnya ke dua markas militer Amerika Serikat (AS) di Iran pada Rabu (8/1/2020). Misil ini dilontarkan sebagai pembalasan awal atas pembunuhan yang diperintahkan oleh Presiden AS Donald Trump terhadap Mayor Jenderal Qasim Sulaimani, Komandan Pasukan Quds, pasukan operasi IRGC di luar Iran pada Jumat (3/1/2020) kemarin.

Meski demikian, menurut Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei, serangan itu masih tamparan semata dan tindakan militer seperti itu belum cukup. “Tindakan militer seperti itu belum cukup. Yang terpenting AS harus meninggalkan kawasan (Timur Tengah dan Asia Barat),” kata kata Khamenei dalam sambutannya di hadapan ribuan orang dari Qum, Iran, pada Rabu (8/1/2020).

Statemen Khamenei langsung disambut teriakan “Matilah Amerika!” dari para audiens. Pidato Khamenei ini disiarkan langsung oleh televisi nasional Iran dan media sosial.


BACA JUGA: 




Khamenei juga mengatakan, Iran cukup siap menghadapi intimidasi kekuatan global. “Ini adalah kesalahan yang sangat mencolok bahwa beberapa orang berpikir jika mereka mundur, Amerika akan menghentikan permusuhan mereka. Ini benar-benar salah. Ini bertentangan dengan perintah Al-Qur’an,” ujar Khamenei, seperti dikutip dari kantor berita Iran, Irna.

“AS telah menyebabkan perang, perpecahan, penghasutan, kehancuran, dan pembongkaran infrastruktur di wilayah ini. Tentu saja, mereka melakukan ini di mana-mana di dunia. Wilayah ini tidak akan menerima kehadiran AS,” kata Khamenei.

Seperti diketahui, pejabat militer Iran yang wafat tidak hanya Qasim melainkan juga Pejabat Komandan Popular Mobilization Vehicle (PMV) Irak, Abu Mahdi Al-Mohandes (Hash al-Shahaabi), dalam pemboman yang terpisah. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Amerika Tak Mampu Cegah Rudal Iran, Sebagian Markas Militernya di Irak Hancur – indhie
  2. Amerika Mundur, Benarkah Tak Ada Korban Akibat Serangan Rudal Iran? – indhie

Leave a Reply