Innalillahi, Wisudawan Program Doktor USU Meninggal Saat akan Diwisuda

Universitas Sumatera Utara. [Foto: dok ind/usu]

MEDAN | Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Seorang wisudawan Universitas Sumatera Utara (USU), M Gade, dikabarkan meninggal dunia saat akan diwisuda pada Senin (24/2/2020).

Almarhum yang merupakan mahasiswa program doktor Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) USU ini sedianya akan diwisuda di Auditorium USU, Jalan Dr Mansyur Medan, pagi tadi. Namun, almarhum mendadak pingsan saat prosesi wisuda baru akan dimulai. Gade kemudian dibawa ke rumah sakit USU tapi kemudian dinyatakan meninggal dunia.

Dari keterangan Kepala Bagian Humas Promosi dan Protokoler USU, Elvi Sumanti, disebutkan, M Gade yang lahir 31 Desember 1959, saat ini berdomisili di Jalan Padi Raya Pasar V Tembung, Deliserdang. Disebutkan, 15 menit sebelum wisuda dimulai, almarhum mendadak pingsan di tempat duduknya, sehingga wisudawan lain terkejut.

Pihak USU pun menghubungi rumah sakit (RS) USU dan almarhum awalnya diistirahatkan di ruangan lobby auditorium. Setelah ambulans tiba, almarhum pun dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) RS USU. “Sampai di IGD sudah DoA (Dead on Arrival, red) dan pupil sudah diatasi maksimal, di biro sudah dilaksanakan RJP (Resusitasi Jantung Paru, red), dilakukan RJP oleh staf IGD dr Fairuz dan PPDS anastesi dan dinyatakan meninggal 07.56 WIB di RS USU,” ungkap Elvi Sumanti,pada Senin (24/2/2020).




BACA JUGA:


Ditambahkan, berdasarkan keterangan isterinya yang mendampingi, almarhum punya riwayat jantung dan dua bulan lalu sempat mengalami stroke.

Dalam buku wisuda USU tertulis, desertasi almarhum M Gade berjudul “Pembuatan dan Karakterisasi Film Kitosan Sebagai Green Dielektik dengan Penambahan Natrium Tripholyphospate (Na5P3O10) Untuk Aplikasi Kapasitor Elektrostatik”. Disertasi ini dipromotori Prof Dr Eddy Amrlianto MSc dan dinyatakan lulus pada 29 Januari 2020.

Sebelum menjadi doktor di MIPA USU, almarhum menamatkan kuliah S1 di Universitas Syiah Kuala Fakultas KIP tahun 1987. Kemudian, S2 Fakultas MIPA USU, lulus tahun 2006. “Sebelum membacakan pidato sambutannya, Rektor USU meminta para wisudawan dan undangan untuk berdiri, mengheningkan cipta sejenak. Rektor juga memberi ucapan belasungkawa kepada keluarga yang hadir, khusus kepada istri almarhum,” sebut Elvi Sumanti. (*)


Laporan: Hendra

Bagikan:

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Edukasi IR 4.0, Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan F-Pertanian USU Study Tour ke Thailand – indhie
  2. Prof Aldy Safruddin Rambe, Kenalkan Telestroke Solusi Efektif Pelayanan Stroke – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*