Diikuti Puluhan Ribu Orang, Bawaslu Maluku: Prabowo Hanya Shalat Jumat Bukan Kampanye

Prabowo Subianto disambut puluhan ribu masyarakat Kota Ambon.

TIDAK ada pelanggaran yang dilakukan Calon Presiden RI Prabowo Subianto saat mengikuti ibadah Shalat Jumat di Masjid Raya Al Fatah Ambon bersama puluhan ribu umat Muslim.

“Kehadiran Capres Prabowo di Masjid Al Fatah hanya mengikuti Shalat Jumat dan memperkenalkan diri dan tidak ada kampenye, jadi tidak ada pelanggaran pemilu,” kata Komisioner Bawaslu Maluku, Astuti Usman di Ambon, Sabtu (29/12/2018) kemarin, seperti dikutip dari kantor berita Antara. 




Astuti menegaskan itu saat berbicara dalam “focus group discussion” (FGD) yang diselenggarakan Diretorat Intelkam Polda Maluku. FGD bertema “Peran awak media dalam rangka menyukseskan pilpres dan wapres, pileg tahun 2019 yang aman dan damai di wilayah hukum Polda Maluku”.

Menurut dia, Bawaslu tetap bersikap tegas sesuai aturan hukum yang berlaku dimana tempat-tempat tertentu termasuk rumah ibadah tidak dijadikan sebagai lokasi kampanye setiap pasangan calon.

Astuti menjelaskan, beberapa hari sebelum kedatangan Prabowo, sudah ada surat resmi yang masuk ke Bawaslu. Bawaslu mengaku sudah mengingatkan tidak boleh menggunakan tempat ibadah untuk kegiatan kampanye.

“Jadi selama berada di Masjid Raya al Fatah, Capres RI nomor urut 02 ini tidak mendapatkan tempat untuk berbicara jadi sudah jelas tidak ada pelanggaran kampanye,” tegas dia.

Seperti diketahui, kunjungan Prabowo ke Ambon begitu dielu-elukan masyarakat. Video kunjungannya pun menjadi viral di media sosial. (*)

Bagikan:

Cari Berita

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*