Dewan Agama Pakistan Kutuk Pembunuhan Jenderal Iran Qasim Sulaimani

Deklrasi pertemuan Milli Yekjehti Council di Lahore, Pakistan, Senin (14/1/2020). [foto: PakistanToday]

ISLAMABAD | Milli Yekjehti Council (MYC), sebuah organisasi aliansi keagamaan berpengaruh di Pakistan, mengutuk pembunuhan komandan pasukan IRGC Quds Iran, Mayor Jenderal Qasim Sulaimani . Mereka juga menyatakan, serangan itu merupakan serangan terhadap seluruh dunia Islam.

Demikian informasi dilansir dari situs koran paling berpengaruh di Pakistan, Dawn, pada Senin (13/1/2020). Presiden MYC, Dr Sahibzada Abual Khair Muhammad Zubair memimpin pertemuan tersebut. Sementara Sekretaris Jenderal Liaqat Baloch, Allama Arif Wahidi, Pir Haroon Gilani, Prof Ibrahim, Asadullah Bhutto, Hafiz Akif Saeed, Allama Zubair Ahmad Zaheer, Pir Ghulam Rasool Awaisi dan yang lainnya tampak hadir di pertemuan itu.

Pertemuan MYC itu diadakan di markas Jamaat-i-Islami, Mansoora, Lahore, Pakistan, dan dihadiri oleh para kepala dan perwakilan dari 26 partai agama dan organisasi keagamaan. Mereka menyatakan, serangan itu merupakan kelanjutan dari kebijakan pro-terorisme Washington dan bukti permusuhannya terhadap negara-negara Muslim.

Pertemuan itu menghasilkan deklarasi bersama yang menyatakan tuntutan agar Amerika Serikat (AS) segera menarik pasukan dari Afghanistan, Irak, Suriah dan negara-negara lain dan mengakhiri perang Yaman.


BACA JUGA: 




Selain soal Iran dan Irak, pertemuan MYC juga membahas soal kebijakan pemerintah Kashmir, India soal Konferensi Tingkat Tinggi di Malaysia, dan soal kebijakan Perdana Menteri Pakistan. “Pengangguran dan inflasi telah memukul masyarakat. Klaim perdana menteri untuk menjadikan negara Pakistan seperti negara Madinah terbukti sebagai lelucon,” demikian di antara bunyi deklarasi itu.

Pertemuan itu juga menuntut diakhirinya perlakuan diskriminatif terhadap minoritas di berbagai belahan dunia, termasuk mengutuk penahanan ilegal pemimpin Muslim Nigeria, Ali Ibrahim Zakzaky.

Ketua Jamaat-i-Islami, Sirajul Haq, dalam pertemuan itu meminta MYC untuk menyusun strategi dan memberikan arahan kepada bangsa untuk membawa negara keluar dari krisis internal dan eksternal.

MYC adalah aliansi non-politik Pakistan yang terdiri dari banyak kelompok keagamaan baik yang bersifat politik maupun non-politik di Pakistan. MYC didirikan atas saran Maulana Naeem Siddiqui (1916–2002), seorang ulama Pakistan yang juga merupakan salah seorang pendiri Jamaat-e-Islami dan karib dekat Maulana Abul A’la Maududi dan Maulana Amin Ahsan Islahi, ulama besar Pakistan.(*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Salju-Hujan Ekstrem Menerpa Pakistan, 75 Korban Tewas – indhie
  2. Kecam Pembunuhan Jenderal Iran, Rusia Dukung Iran – indhie
  3. PM Irak Serahkan Pengusiran Militer AS dari Irak ke Penggantinya – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*