Bos CIA Otak Pembunuhan Jenderal Iran Qasim Sulaimani Dikabarkan Tewas

Pesawat AS yang jatuh di Ghazni, Afganistan, Senin (27/1/2020). [foto: Saifullah Maftoon/AP]

KABUL | Michael D’Andrea, komandan Central Intelligence Agency (CIA) wilayah Timur Tengah, dikabarkan ikut tewas dalam kecelakaan pesawat di Dih Yak, Gahzni, Afganistan pada Senin (27/1/2020) kemarin.

D’Andrea yang punya julukan “Dark Prince” ini, dianggap sebagai otak pembunuhan terhadap jenderal Iran, Qasim Sulaimani, Komandan Pasukan Al-Quds IRGC, pada 3 Januari 2020 kemarin.

Disebut media-media Amerika Serikat (AS) dan sekutu Eropanya, tewasnya D’Andrea ini dihembuskan oleh situs online milik Iran dan Rusia, yaitu Mehr News (Iran) dan Veterans Today (Rusia) D’Andrea diinformasikan merupakan salah seorang penumpang pesawat E-11 A.

Pasukan Taliban mengklaim telah menembak jatuh pesawat ini saat melintas di kawasan Dih Yak, Ghazni, Afganistan. Mereka menganggap pesawat itu digunakan Angkatan Udara AS dalam sebuah misi militer tertentu.



Juru Bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, disebut sempat mengklaim bahwa beberapa pejabat tinggi AS ada di antara mayat yang ditemukan di puing-puing pesawat yang jatuh pada pukul 13.10 siang waktu setempat. Pasukan militer AS juga dikatakan telah berusaha untuk mengevakuasi korban namun mendapat perlawanan dari anggota pasukan Taliban di lokasi.

Media Inggris, DailyMail menyitir, kabar yang beredar juga menyebut, setidaknya ada enam mayat di lokasi dan menyebut ada dua korban yang, konon, dikabarkan masih hidup namun hilang dari lokasi kejadian. Kabar ini tentu harus dibuktikan lagi.

Namun, otoritas resmi AS, menepis anggapan ini dan mengatakan pesawat itu jatuh karena kerusakan mesin. AS mengatakan tidak ada bukti kalau pesawat itu ditembak jatuh. AS juga tidak menyebut, komandan CIA wilayah Timur Tengah mereka ada dalam pesawat itu. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

1 Trackback / Pingback

  1. Bocorkan Nuklir Iran, Mata-mata CIA Dihukum Mati – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*