Akhyar Nasution Mau Buat Kesawan Medan Seperti Malioboro

Gubsu Edy Rahmayadi dan Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, di Kantor Gubsu, Kamis (13/2/2020). [Foto: Humas Pemko Medan]

MEDAN | Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, ingin membuat kawasan Kesawan Medan seperti Jalan Malioboro di Yogyakarta. Nantinya di Kesawan, masyarakat dapat menikmati suasana pada malam hari sambil menikmati kuliner khas Kota Medan.

Hal ini disampaikan Akhyar ketika menghadiri Rapat Pemaparan Terkait Bangunan Warenhuis di Jalan Hindu serta Heritage yang ada di Kota Medan di Kantor Gubernur Sumut (Gubsu), Medan, pada Kamis (13/2/2020). Rapat ini dipimpin Gubsu Edy Rahmayadi dan dihadiri sejumlah OPD di Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) dan Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

“Kota Medan juga nantinya memiliki wisata malam layaknya Kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Malioboro. Masyarakat juga akan dapat mencicipi kuliner sambil menikmati suasana Kota Medan di malam hari,” kata Akhyar, dikutip dari rilis Humas Pemko Medan, Kamis (13/2/2020).

Soal kawasan Kesawan itu merupakan bagian program Pemko Medan yang ingin membangun kawasan heritage di Kota Medan yang memiliki nilai sejarah serta menjadi magnet bagi wisatawan tidak hanya nasional maupun internasional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan membenahi bangunan peninggalan bersejarah yang ada.


BACA JUGA:


Gedung Het Warenhuis Medan, saat dikosongkan pada Jumat (9/8/2019).
[foto: bolang]


Misalnya gedung Het Warenhuis. Dikatakan Akhyar, bangunan milik Pemko Medan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani VII-Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat tersebut akan ditata ulang menjadi kawasan pedestrian nantinya.

Pemko Medan juga akan merevitalisasi ulang Lapangan Merdeka serta pendopo yang berada di dalamnya. Lapangan Merdeka akan dikembalikan ke fungsi semula sehingga masyarakat dapat berolahraga dengan nyaman di kawasan tersebut.

Akhyar mengatakan, pendopo Lapangan Merdeka akan dibangun menjadi 2 lantai. Di lantai kedua akan dibangun museum digital yang akan memberikan informasi kepada masyarakat luas ataupun kepada para turis terkait sejarah Kota Medan.

Sementara soal kemacetan di kawasan itu, akan dibangun lokasi parkir tertentu agar masyarakat tidak lagi parkir disembarang tempat yang menyebabkan kemacetan. “Pemko Medan juga akan membangun lokasi parkir sehingga masyarakat tidak lagi parkir di sembarang tempat,” tegas Akhyar.

Menanggapi hal tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi, mengaku senang dan mendukung perencanaan tersebut. “Saya ingin Lapangan Merdeka benar-benar merdeka,” kata Edy. Gubsu berharap agar rencana ini dapat segera diwujudkan secepat mungkin. (*)

Bagikan:

Cari di INDHIE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Akhyar Nasution pun Mulai Susuri Parit… – indhie
  2. Jumpai Akhyar, MABMI Usulkan ASN Pemko Medan Kenakan Pakaian Melayu – indhie

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*