Longsor di Sibolga Utara, Satu Unit Rumah Warga Rusak

Tidak ada korban jiwa.
Longsor terjadi di Sibolga Ilir, Sibolga Utra, Sibolga, pada Sabtu 11 Juni 2022. [Foto: ist]

SIBOLGA | Satu Unit rumah milik Herinyanto Silalahi (40) warga Jalan Sibolga-Barus Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga rusak akibat diterjang longsor pada Sabtu (11/6/2022).

Diketahui rumah yang berlokasi di daerah lereng perbukitan tersebut, terkena dampak longsor setelah hujan deras yang melanda kota Sibolga pada Sabtu sore hingga malam. Hujan yang deras itu memicu terjadinya longsor di wilayah itu, mengingat kontur tanah di seputaran rumah Heriyanto tidak rata.

Namun pada saat longsor terjadi, Heriyanto bersama adiknya sempat mengungsi ke rumah saudaranya di Sibuluan Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah. Heriyanto berfirasat, jika longsor akan menerjang dan mengenai rumahnya itu. Hal itu Ia ketahui dari aroma tak sedap yang ditimbulkan dari tanah longsor tersebut. “Saya sudah cium bau tanah, menyengat sekali. Makanya saya ajak adik saya pergi ke rumah saudara saya,” ucap Heriyanto.



Longsor terjadi di Sibolga Ilir, Sibolga Utra, Sibolga, pada Sabtu 11 Juni 2022. [Foto: ist]
Akibat dari terjangan longsor itu, bagian dapur rumah Heriyanto tertimbun tanah lumpur. Tak hanya itu, satu unit sepeda motor Honda Vario, Honda Mega Pro dan Honda Supra 125 cc milik Heriyanto juga turut tertimbun tanah longsor. Dan beruntung, kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

Sementara itu, personil Kepolisian Resor (Polres) Sibolga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sibolga, Pemadam Kebakaran dan juga warga sekitar melakukan evakuasi dan pembersihan material sisa longsor pada Ahad (12/6/2022) pagi. Proses evakuasi itu cukup memakan waktu lama dan sempat dihentikan beberapa saat akibat kondisi cuaca yang dimungkinkan akan terjadi longsor susulan. (*)


Laporan: Dhabit Siregar

Cari di INDHIE